MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Alonso Senang Membalap Di Luar Formula Satu

JAN 09, 2018@19:30 WIB | 191 Views

Fernando Alonso dari McLaren memberi indikasi lebih lanjut mengenai rencana di luar Formula 1, yang menunjukkan bahwa dia akan berlomba di ajang balap Le Mans 24 Hours tahun ini dan kembali ke Indianapolis 500 pada 2019. Alonso, yang cukup frustrasi karena tidak adanya kesuksesan di Formula 1 belakangan ini, menggarisbawahi keinginannya untuk menjadi jawara di tiga seri balap bergensi atau Motorsport Triple Crown: Monaco Grand Prix, Indy 500 dan Le Mans.

Alonso melewatkan seri GP Monaco tahun lalu untuk mengikuti Indy 500 di bawah bendera McLaren dan Andretti, tampil dengan sangat baik sepanjang event tersebut, dan menjajal mobil Toyota LMP1 pada bulan November kemarin. Pembalap Spanyol tersebut telah memulai persiapan untuk partisipasinya di Daytona 24 Hours dengan tim United Autosports, tim yang diketuai oleh bos McLaren, Zak Brown, pada tes 'Roar Before the 24' di akhir pekan lalu.

Sementara menekankan bahwa membalap di ajang Formula 1 dengan McLaren adalah prioritasnya pada 2018 ini, Alonso mengatakan bahwa dia memanfaatkan event Daytona sebagai test untuk persiapannya pula pada balap klasik Perancis bulan Juni ini, tanpa harus bentrok dengan kalender Formula 1 dan Le Mans.

"Jelas fokus dan prioritas utama saya adalah Formula 1 dan meraih juara dunia ketiga," katanya di Daytona. "Tahun ini bersama McLaren kami memiliki kesempatan bagus untuk menunjukkan seberapa bagus tim dan dengan unit tenaga Renault kita harus kembali ke posisi teratas.

"Itulah fokus utama dan persiapan saya sekarang." Tapi untuk balapan di beberapa acara ikonik sepanjang musim dan tidak mengganggu Formula 1 juga ada dalam rencananya. "Dan melakukan balapan ini [Daytona] juga merupakan semacam langkah awal dalam balapan ketahanan dan seberapa besar saya menikmati balapan ini; mudah-mudahan ini memberikan dampak positif.

"Setelah 24 jam di Daytona saya akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kejuaraan ini." Le Mans 24 Hours dan Triple Crown adalah target lain, jadi jika saya bisa ikut serta di Le Mans 24 Hours tahun ini, dan saya tidak melakukan Indy 500, itu merupakan hal yang bagus.

"Mudah-mudahan tahun berikutnya Indy 500 bisa direncanakan lagi." Alonso menjelaskan bahwa ia memiliki beberapa aspek untuk dipahami saat ia berasimilasi dengan nuansa kompetisi mobil sport di atas mobil #23 Ligier JS P217.

Selain serangkaian kejadian di Formula 1, Alonso tidak pernah membalap di malam hari, dan dia juga tidak pernah menghadapi ajang multi-kelas dalam balap ketahanan. "Ini tujuan yang sama dengan Indianapolis," kata Alonso saat ditanya pendekatannya soal Daytona.

"[Saya perlu] mencoba mempelajari berbagai teknik mengemudi, cobalah belajar dari spesialis balap ketahanan dan menjadi pembalap yang lebih baik. "Ini pertama kalinya bagi saya dalam balapan ketahanan, pertama kali di mobil prototipe, di malam hari, berkendara dengan [mobil] GT.

"Ada banyak hal baru, [tapi saya akan mengambilnya] langkah demi langkah, ini tantangan yang cukup besar tapi saya siap menikmatinya." [bil/timBX]

Tags :

#
fernando alonso,
#
mclaren,
#
toyota lmp1,
#
le mans 24 hours,
#
daytona 24 hours