MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Jelang GP Perancis Vettel Masih Menyalahkan Regulasi F1

JUN 21, 2019@20:00 WIB | 966 Views

Sebastian Vettel mengatakan dia tetap menghormati F1 steward tetapi percaya olahraga ini telah menjadi terlalu diatur setelah penalti Grand Prix Canada kontroversial yang diterimanya. Pembalap Ferrari itu finish di tempat pertama tetapi diturunkan ke urutan kedua di belakang Lewis Hamilton setelah menerima hukuman waktu karena dianggap telah bergabung kembali di sirkuit dengan cara yang tidak aman.

Vettel awalnya melampiaskan frustrasinya pada keputusan itu melalui radio tim, sebelum bertukar papan angka di parc ferme. Dia kemudian menyatakan ketidaksenangannya pada penalti selama konferensi pers pasca-perlombaan, menambahkan aturan olahraga saat ini telah membuatnya merasa kecewa dengan F1.

"Saya hanya merasa bahwa sekarang ini kita melihat banyak hal yang mungkin kita tidak melihat bagaimana penerapan regulasi di masa lalu karena tidak ada yang benar-benar membuat isu," kata Vettel setelah balapan. "Sekarang, jelas ada baiknya membuat isu untuk semuanya karena Anda memiliki keputusan ini. Karena di sini saya bersimpati dengan stewards.

“Saya sudah mengatakan berkali-kali ketika saya sudah menghadap stewards di sana bahwa mereka duduk di depan selembar kertas dan mereka menonton perlombaan dan mereka juga kembali kepada saya dan mengatakan kita setuju tetapi lihat, kita harus melakukan hal semacam ini.

"Jadi saya pikir cara kita melakukan hal-hal ini sekarang sudah salah tetapi ini adalah zaman kita, kita memiliki peraturan untuk semuanya.

"Misalnya ketika berjalan di trotoar pejalan kaki dan ada lubang di jalan di situ karena mereka sedang melakukan pekerjaan konstruksi dan perlu ada orang yang menjadi pemandu ke sisi lain jalan," lanjut Vettel.

Ferrari awalnya memilih untuk menarik bandingnya setelah batas waktu 96 jam berlalu, tetapi pada hari Senin kemarin menegaskan telah mengajukan 'hak untuk me-review' penalti. Berdasarkan Pasal 14.1.1 dari International Sporting Code, Ferrari sekarang harus memberikan bukti baru kepada FIA untuk masalah tersebut untuk dipertimbangkan kembali. [bil/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
sebastian vettel,
#
lewis hamilton,
#
ferrari,
#
mercedes,
#
penalti,
#
grand prix canada,
#
international sporting code,
#
auto news