MENU
icon label
image label
blacklogo

Esprit Turbo Series 3 Milik Pendiri Lotus Dijual, Harganya Sentimentil

MAY 12, 2020@16:00 WIB | 231 Views

Lotus Esprit adalah mobil yang cukup legendaris dari masanya apalagi unit yang digunakan oleh pendiri Lotus sendiri, Colin Chapman. Mobil sport lawas ini kini dilepas lewat dealer mobil Inggris Mark Donaldson dengan harga menggiurkan.

Mobil yang sedang dipasarkan ini rilisan tahun 1981 Series 3 Turbo dengan modifikasi yang di-custom khusus oleh Chapman, termasuk powersteering, dan pollen filter yang membantu sang founder menghindari alergi udara.

Menurut sang penjual, suspensi mobil sendiri sudah dipendekkan dan dimodifikasi body-nya guna mengurasi bising suara angin. Lotus Esprit Series 3 Turbo ini juga seri yang termasuk langka dengan produksi hanya 143 unit saja di dunia.

Ia menggunakan mesin 2200cc tipe 912 turbocharged dengan tenaga maksimal 215 hp dan torsi298 N-m. Lebih jauh lagi, ia sudah mengadopsi sistem pelumasan mesin dry sump khas mobil performance.

Selain Chapman, menurut sang penjual, Lotus Esprit ini juga sempat dikendarai Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher di bulan Agustus tahun 1981 saat berputar di Norfolk Airport, ditemani Chapman di kursi penumpang. Margaret mengucapkan jika mobil ini menyenangkan untuk dikendarai saat diminta responnya oleh jurnalis lokal waktu itu.

Colin Chapman sempat mengendarai mobil ini sejauh kurang lebih 7000 kilometer sebelum ia berpulang pada Desember tahun 1982. Mobil legenda ini sempat beberapa kali pindah tangan setelah itu dan memutar odometer hingga sekitar 17 ribu kilometer hingga saat ini.

Masih sangat orisinal, mobil ini dilepas dengan harga USD 124.000 atau sekitar Rp 1.8 miliar, dua kali lipat dari rata-rata harga Esprit Turbo Series 3. Namun Penjual meyakini jika unit ini ia lepas tinggi karena ada nilai historisnya.

Esprit mulai berhenti diproduksi awal tahun 2000an dan sempat akan bangkit lagi namun batal di tahun 2014 silam. Kini Lotus yang dipegang perusahaan Cina multinasional, Geely akan mengangkat Esprit sekali lagi yang diperkirakan akan debut 2021 mendatang. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
esprit turbo series 3,
#
lotus esprit,
#
colin chapman,
#
mark donaldson

RELATED ARTICLE