MENU
icon label
image label
blacklogo

Elon Musk : SUV Tesla Model Y akan Diungkap pada Pertengahan Maret Ini

MAR 04, 2019@16:00 WIB | 694 Views

Tesla dalam waktu dekat akan memperkenalkan Model 3, sebuah varian crossover yang disebut sebagai Model Y. Lebih tepatnya akan diperkenalkan di LA Design Studio pada 14 Maret 2019 besok. Konfirmasi ini disampaikan oleh Elon Musk melalui Twitternya.

Seperti halnya Model 3 yang desainnya lebih kecil dari Model S, model Y akan menjadi saudara kandung model X. Begitu juga dengan harga dan test drive mulai diperkenalkan langsung pada hari itu.  CEO Tesla mengkonfirmasi, sekitar 10 persen lebih besar dari Model 3. Sehingga bisa diperkirakan harganya 10 persen lebih mahal dan ukuran baterai yang sama.

Teaser tersebut, dirilis oleh perusahaan, yang menyarankan Model Y bakal meminjam beberapa style Model X, terutama dari fascia depan. Rasanya terlalu dini untuk membahasnya lebih dalam dari sebuah teaser Model Y tersebut. Model Y tampaknya tidak menggunakan spion samping, penggunaannya digantikan dengan sebuah kamera sebagai alternatif.

Seperti halnya, konsep Model X yang  memiliki sebuah kamera yang tergabung pada kaca spion. Namun Tesla sendiri tidak yakin keputusan tidak menggunakan spion bakal diterima sebagai setup legal bagi pemerintah. Secara manfaat, menghilangkan kaca  mirroring, akan mengurangi hambatan aerodinamika dan lebih meningkatkan efisiensi, seperti yang diterapkan Audi E-Tron.

Diluar kebiasaan, Model Y memang menggunakan platform model 3, tujuannya jelas untuk memangkas harga. Pasalnya, jika itu diteruskan akan menjadi cukup beresiko. Plaform Model 3 sudah ada jelas akan memangkas biaya, disisi lain akan meningkatkan laba perusahaan. Karena model Y menjadi model premium, daripada varian sedan model 3.

Disisi lain pikiran liar itu harus menemui kenyataan. Elon Musk sendiri sangat mengkhawatirkan anggapan umum tersebut, bahwa platform model Y benar-benar dibuat sendiri. Karena SUV ini bakal lebih kompleks dari model lain. Namun penggunaan nama Y lebih banyak diragukan penggunaan namanya, hanya karena Model Y menjadi bagian dari ejaan sebutan Tesla yang S3XY, meski hanya sebuah joke belaka.

Model Y diperkirakan akan dihargai USD37.000, dengan produksi mulai awal 2020. Perusahaan yang berbasis di California ini juga akan merilis lebih lanjut bagaimana update perkembangan model Y dalam waktu kedepan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
tesla,
#
suv tesla,
#
tesla model y,
#
elon musk