MENU
icon label
image label
blacklogo

Eksistensi Cuda Convertible 1970 Diantara Muscle Car USA Masih Patut Dipertaruhkan

APR 20, 2020@14:00 WIB | 101 Views

Brand Plymouth meledak ditahun 1950-an,  sebagai brand muscle car yang melawan dominasi Ford dan Chevrolet sejak tahun 1928. Walter Chrysler  adalah orang dibalik pengembangan Plymouth dan cukup dikenal di dunia otomotif  Paman Sam.  Berkat sentuhan desain Foward Look yang  dikembangkan oleh Vorail Exner, menggabungkan estetika dan aerodinamika menjadi satu paket model pabrikan. 

Satu dekade setelahnya sosok muscle car dan gaya pony dari Chrysler Plymouth  memegang pasar yang cukup. potensial bahkan menjadi  yang paling laris dari  semua divisi dibawah Chrysler. Seperti  varian Cuda dan Barracuda adalah model yang dimaksud,  meski sama dalam bentuk, namun cukup berbeda yang diibaratkan  Dodge Challenger dengan platform E-Body. 

Barracuda diproduksi dengan mesin 6 silinder, namun tidak anda dapati untuk Cuda.  Cara melihatnya adalah ujung nama yang membedakan sisi kinerja kedua saudara sekandung tersebut.  Cuda 1970 diproduksi dengan mesin HEMI V8 dengan tenaga 426 hp.  Mesin blunderbuss berkubikasi 7.0 liter menghasilkan tenaga  425 hp yang out of the box. Bila dimaksimalkan  bisa mencapai 440 hp.  Transmisi yang dipakai 3 percepatan otomatis. Tidak  dipungkiri  mesin HEMI V8  426 hp dapat merobek ban belakang BFG Radial T/A tercabik-cabik, saat ban belakang spinning dan lampu lalulintas menyala hijau.

Bila melihat koleksi Cuda di Classic Auto Mall tidaklah produk  orisinal. Kode BH 27G0B198087 pada mesin 318 cu. in. Situs penjual Shaker Hood membutuhkan karburator Holley 750 CFM  untuk menyuplai bahan bakar 426 HEMI V8.  Bagian belakangnya menggunakan Dana 60 differensial dengan gear 3.54.

Meski telah dimodifikasi, penyematan warna Lemon Twist memberikan banyak perhatian publik yang membuat mata terbelalak melihatnya.  Namun yang menjadi pukulan berat adalah undercarriage yang sudah dimodifikasi sesuai kinerja mesin yang berlimpah. 



Pantaskah harga yang ditawarkan USD123 ribu,  untuk sebuah Plymouth Chrysler untuk brand yang pernah jaya di zamannya.  Sementara model terakhir telah diberhentikan produksinya sejak 2001, sejak kehadiran Neon menggantikan lineupnya. Total ada 28,657 unit yang terjual sebagai model terakhir di kelas sedan kecil. Apakah Anda termasuk yang ingin mengoleksinya BlackPals?  [Ahs/timBX]

Tags :

#
chrysler plymouth,
#
chrysler cuda 1970,
#
cuda convertible,
#
muscle car,
#
hemi v8