MENU
icon label
image label
blacklogo

Edisi Terakhir Golf R Versi ICE Bakal Bertenaga Buas

JUN 06, 2024@12:41 WIB | 143 Views

Baru saja memperkenalkan Golf GTI Clubsport edisi khusus untuk merayakan ulang tahun ke-50 papan nama tersebut. Kini terungkap bahwa Volkswagen (VW) memiliki satu suguhan terakhir untuk para penggemar Golf R sebelum pembakaran dihilangkan sama sekali dari jajaran Golf.

Lencana Clubsport adalah nama yang digunakan VW untuk versi hot hatch berpenggerak roda depan (FWD) yang lebih kencang, lebih bertenaga, dan lebih lincah. Tapi mungkin ia akan segera menemukan alternatif yakni AWD (Golf R) dengan lencana Clubsport.

Kehadiran Golf R bertenaga buas ini pertama kali diucapkan oleh Martin Hube, jubir global VW. Hube, ketika diwawancarai oleh Road & Track menyebutkan bahwa pabrik di Wolfsburg sangat tertarik untuk memberi peningkatan tenaga ke Golf R.

Dia menambahkan saat ini para insinyur Volkswagen sedang bekerja keras menciptakan apa yang mungkin menjadi hot hatch Volkswagen dengan performa tertinggi yang pernah ada.

"Mereka sedang memikirkan dan mengerjakan Golf R versi Clubsport." imbuhnya.

Golf R ngebut ini akan dibangun berdasarkan Mk 8 Golf R , yang berbagi platform dan mesin 11 EA888 2.0 liter turbocharged inline-four dengan Audi S3.

“Kami akan memiliki versi AWD yang lebih berorientasi pada trek, dan kemudian Golf R standar juga,” kata Hube. "Di satu sisi, ini adalah mobil sport jalan raya yang torsinya besar. Di sisi lain, karena lebih berat, ini bukan alat lintasan."

Pada akhir wawancara ia percaya diri kalau benar-benar diproduksi maka Golf R Clubsport akan menjadi mobil acuan di masa depan. Selain itu, ia juga menilai Golf R bertenaga buas sangat tepat untuk menjadi edisi terakhir atau perpisahan tipe R versi ICE.

Sayangnya, saat ini ia mengakui masih melakukan lobi kepada anggota dewan VW agar bisa setuju dengan konsep yang ia inisiasikan. Walaupun konsep tersebut sangat menggoda dan bisa masuk untuk pasar Eropa tapi tidak untuk pasar Amerika, jadi meski berhasil diproduksi Golf R Clubsport belum tentu hadir disana.

Hal tersebut yang membuat perwakilan VW Amerika tidak mau mengomentari keberadaan Golf R Clubsport. Karena, penjualan Golf GTI dan Golf R merupakan bagian kecil dari penjualan Volkswagen di AS, dengan hanya 7541 GTI dan 1499 model Golf R yang dijual di dalam negeri pada tahun 2023. [wic/timBX].

Tags :

#
golf r,
#
vw golf r,
#
volkswagen,
#
golf r clubsport,
#
vw golf

X