MENU
icon label
image label
blacklogo

Edan! Bukan Pesawat Atau Mobil, Ini Dia Kendaraan Pertama Di Dunia Yang Punya 48 Silinder!

APR 18, 2022@14:30 WIB | 134 Views

Disebut Tinker Toy, motor unik buatan Simon Whitelock ini tercatat dalam Guinness World Record sebagai "Mesin kendaraan dengan silinder terbanyak". Dengan dicetaknya rekor ini, kendaraan dengan silinder terbanyak bukanlah pesawat, mobil, atau kapal, melainkan sepeda motor.

Total ada 48 silinder pada sepeda motor ini, yang dapat menghasilkan total 4.200 cc, atau sekitar 256 inci kubik. Sebanyak 16 mesin tiga silinder Kawasaki KH250 digunakan dalam pembuatan motor ini, dan motor ini sepenuhnya street-legal, menurut entri Tinker Toy di Guinness World Records.

Secara teknis, Tinker Toy punya 49 piston karena dibutuhkan beberapa tenaga kuda untuk menghidupkan motor ini. Tinker Toy sendiri tidak dibekali dengan aki, tetapi ada motor 125cc dua langkah yang berfungsi sebagai motor starter untuk mesin utama.

Kawasaki sendiri tidak memiliki suku cadang untuk mengerjakan proyek semacam ini, oleh karena itu, Whitelock harus membangun sendiri sebagian besar mesin sepeda motor ini, termasuk sistem bahan bakar, knalpot, throttle, dan sistem pengapian, ditambah beberapa suku cadang lain dari merek lain dan jenis kendaraan lainnya. Alternator mobil juga digunakan untuk memasok listrik ke motor saat sedang berjalan. 

Secara total, motor ini memiliki berat sekitar 590 kg, jadi bisa dimengerti mengapa rem dan suspensi Honda Goldwing digunakan untuk menanggung bobot Tinker Toy. Whitelock kemudian menggunakan gearbox BMW K100 untuk menggerakkan roda belakang, dan velg dibuat oleh Hagon yang seluruhnya terbuat dari stainless steel. Hub juga dibuat khusus oleh Hagon agar dapat menanggung tonase dari Tinker Toy.

Tinker Toy juga bukan percobaan pertama Whitelock ke dunia kustomisasi sepeda motor. Sebelumnya, pria asal Inggris ini juga pernah mengubah KH250 inline-tiga menjadi empat. Whitelock bahkan sempat membuat sepeda motor sembilan silinder yang memiliki tiga rangkap mesin KH250. Di build lain, dia juga membuat inline-seven. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
tinker toy,
#
kawasaki kh250

RELATED ARTICLE