MENU
icon label
image label
blacklogo

Duo Toyota Fortuner dan Legender Meluncur di Thailand, Simak Perbedaannya

JUN 09, 2020@11:39 WIB | 309 Views

Toyota Thailand resmi memperkenalkan SUV terbaru, Fortuner pada tanggal 4 Juni 2020 lalu. Bukan hanya satu, tapi juga merilis tipe tertingginya yaitu Fortuner Legender. Kedua mobil ini memang tak hanya memiliki desain baru di luarnya, tapi juga dari interior, fitur dan mesin juga mengalami perubahan. Sekilas Toyota Fortuner 2020 dan Legender memiliki fasia yang sama, tetapi ternyata ada perbedaan menonjol seperti beberapa bagian ini;

1. Lampu Depan

Lampu depan merupakan salah satu faktor yang membedakan kedua mobil ini. Jika Fortuner 2020 masih menggunakan lampu Projetor LED HI Beam seperti sebelumnya, Legender kini menggunakan lampu jenis LED dengan reflektor. Selain itu, meskipun dua mobil ini memiliki lampu DRL di bagian bawah, nyatanya DRL di bagian lampu utama jelas berbeda, dengan mode patahan untuk Legender dan lengkungan seperti mode sebelumnya untuk Fortuner 2020.

2. Grill

Selain dari sektor lampu sebagai pembeda, model grill pun juga dibedakan agar lebih kentara. Jika di Legender grillnya lebih kecil dengan bilah seperti alis berwarna piano black, untuk Fortuner 2020 justru masih mirip dengan sebelumnya yang ditambah aksen krom di sampingnya.

3. Bumper

Selain itu, bumper pun juga berbeda untuk mobil ini, yang justru kebalikannya dari grill. Jika bumper Legender lebih besar, lampu sein yang panjang plus underguard, fortuner justru memiliki bumper yang lebih kecil, namun guard bawahnya lebih besar dengan lampu sein yang sama pula. Desain foglamp juga berubah seperti di Legender yang memiliki rumah Foglamp berbentuk trapesium, untuk Fortuner 2020 memiliki desain yang lebih mengotak.

4. Velg dan Warna Bodi

Seperti biasa, Toyota membuat Velg mewah untuk tipe tertinggi, seperti Legender memiliki velg two tone berukuran 20 inci, sedangkan Fortuner 2020 memiliki velg silver 18 inci. Selain itu, warna bodi juga menjadi penentu perbedaan kedua SUVini. Jika Legender bisa dilihat dengan warna two tone hitam dan putih, justru untuk Fortuner 2020 hanya memiliki satu warna saja.

5. Bagian Belakang

Tak banyak perbedaan di bagian belakang, karena model kaca dan lampu itu sama modelnya. Tapi, bar yang bertuliskan fortuner menjadi pembedanya, jika Legender berwarna black piano, Fortuner 2020 menggunakan desain krom. Selain itu, lampu reflektor untuk Legender memiliki bentuk “L”, sementara Fortuner 2020 seperti model sebelumnya.

6. Interior

Sebenarnya masih serupa dengan Fortuner keluaran sebelumnya, namun untuk Legender, pastinya ada yang berbeda. untuk tipe tertinggi Fortuner ini memiliki dua warna jok yang terkombinasi dan juga ambien light. Untuk Fortuner 2020, tentu fitur ini tidak akan ada, alias tidak ada ambient light dan satu warna saja untuk joknya. Selain itu untuk Legender kini dilengkapi dengan wireless charging.

7. Instrument Cluster

Panel speedometer dan seperangkat pemantau lainnya menjadi hal pembeda berikutnya. Jika Legender memiliki warna hitam/gelap sehingga lebih tenang plus gambar mobilnya serupa ketika di hidupkan, untuk Fortuner 2020 justru memiliki tambahan backlight biru dengan gambar Fortuner 2020 pula. Mana yang terbaik nih BlackPals?

8. Fitur Keamanan

Berbicara tentang fitur keamanan, untuk Fortuner 2020 sebenarnya sudah dilengkapi 7 kantung udara, rem ABS, EBD dan BA, serta Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control plus sensor parkir. Tentunya ada tambahan untuk tipe tertingginya, Legender. Mobil ini mendapatkan tambahan berupa Toyota Safety Sense yaitu Pre Collision System, Land Departure Alert, dan Dynamic Radar Cruise Control. Selain itu, kedua mobil sudah dipasangkan perangkat koneksi dengan aplikasi khusus T-Connect di smartphone. Untuk Legender pun sudah dilengkapi dengan Kick Activated Back Door, Panoramic View Monitor/kamera 360

9. Dapur Pacu

Ketika diperkenalkan beberapa waktu lalu, Toyota Thailand merilis Fortuner dengan mesin Diesel 2.4L, sedangkan untuk Legender ditambahkan satu mesin lagi, 2.8L. Mengenai handling, untuk Legender dibekali fitur Variable Flow Control, yang membuat pengaturan power steering secara otomatis. Dibekali pula dengan tiga mode berkendara yaitu sport, normal dan eco.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
toyota,
#
toyota thailand,
#
suv,
#
toyota fortuner,
#
toyota fortuner legender