MENU
icon label
image label
blacklogo

Ducati Kembangkan Mesin Desmosedici Stradale

SEP 11, 2017@13:56 WIB | 168 Views

Dari pengalaman yang didapat di MotoGP, di mana Desmosedici 4 silinder melepaskan performa yang tak ada bandingannya, kini mereka menghadirkan mesin 90 ° V4 baru yang dirancang untuk memperkuat model supersport Ducati yang akan dirilis dalam waktu dekat. Dalam mentransfer teknologi mesin paling mutakhir dari arena balap ke jalanan, Ducati akan memberikan konsumennya pengalaman berkendara ala MotoGP

Disebut Desmosedici Stradale, mesin ini siap menjadi tonggak model Ducati lainnya: ini akan menjadi kali pertama produsen sepeda motor berbasis Bologna ini melengkapi motor produksi standar dengan mesin 4 silinder.

Sementara mesin Desmosedici Stradale tidak diragukan lagi begitu cocok untuk dipacu di sirkuit, namun dia juga dirancang untuk merespons kebutuhan sehari-hari pengendara jalan biasa. Misalnya, untuk memaksimalkan torsi mid-range - untuk pengalaman berkendara yang memuaskan - dan memastikan torsi dan ada kekuatan pada putaran yang lebih rendah. Tak heran bila mesin ini memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar daripada motor kembarannya di MotoGP (1103 cm³, tepatnya). Output daya dari konfigurasi mesin compliant Euro 4 tersebut melebihi 210 hp pada 13.000 rpm sementara torsi maksimum melebihi 120 Nm dari 8.750 sampai 12.250 rpm.

Versi R dengan kapasitas mesin kurang dari 1000 cc - yang memiliki putaran lebih tinggi dan lebih ditujukan untuk penggunaan sirkuit - saat ini berada pada tahap pengembangan lanjutan. Ini akan menjadi fondasi bagi versi homologasi yang bertanding di kejuaraan Superbike, dimana mesin ini akan digunakan mulai tahun 2019 (satu tahun dari peluncuran versi jalanannya, sesuai tradisi Ducati).

Seperti di MotoGP, mesinnya didesain dengan diameter silinder 81 mm. Pengukuran ini mencerminkan batas maksimum yang diizinkan oleh peraturan MotoGP. Ini juga yang tertinggi di segmen supersport 4 silinder. Menggunakan piston yang sama dengan mesin GP Desmosedici berarti kedua unit mesin tersebut berbagi dinamika fluida mesin yang hampir identik (yaitu pada katup, saluran intake dan throttle bodies, tepat di titik daya diproduksi).

Variable-height air intake merupakan teknologi mesin motor pertama untuk motor Ducati, mengoptimalkan asupan silinder di tiap putaran dan memberikan keuntungan yang signifikan dalam hal distribusi dan penanganan daya. Melengkapi sistem bahan bakarnya adalah throttle body oval, masing-masing dilengkapi dua injector: satu di atas kepala silinder dan satu di bawahnya.

Bisa dibilang ini menjadi paket solusi teknis mutakhir - yang benar-benar unik di dalam segmen Supersport - membuat Desmosedici Stradale menjadi mesin yang tidak seperti yang lain di dunia motor sport. [bil/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
blackauto,
#
autonews