MENU
icon label
image label
blacklogo

Dua Mobil Listrik Kia Ini Terkena Recall Karena Masalah Penting Ini

APR 23, 2024@10:00 WIB | 126 Views

Kabar kurang sedap datang dari Kia. Yap, dua mobil EV Kia yang dijual di Amerika Serikat yaitu Niro EV dan EV9 mengalami recall karena masalah yang cukup serius. Diduga kedua mobil listrik ini mengalami masalah pada sistem drivetrain dan membuat performa mobil tiba2 hilang saat berkendara.

Melansir Carscoops, disebutkan bahwa recall ini sesuai dengan rekomendasi Badan Keselamatan Jalan Raya AS alias NHTSA. Disebutkan part Differential Gear Bolt yang termasuk dalam part penggerak listrik mobil ini ternyata tidak terpasang secara sempurna.

Dalam kondisi baru, sejatinya tidak akan mengalami masalah berarti. Namun seiring berjalannya waktu, part ini akan mudah terlepas dan membuat mobil akan kehilangan tenaganya. Tentunya selain membuat mobil tiba-tiba mogok, area Gear Drive Unit atau transmisi listrik mobil bakal menjadi rusak.

Gak cuma itu, saat mobil dijalankan akan ada suara berisik yang berasal penghubung area drivetrain dengan transmisi mobil. Diketahui part-part ini sendiri merupakan buatan divisi Hyundai Transys alias divisi pembuatan transmisi mobil grup Hyundai, Kia, dan Genesis.

Meski terlihat cukup mengkhawatirkan, jumlah mobil yang terdampak recall EV9 dan Niro EV ini tidak banyak. Recall kali ini hanya dialami delapan mobil dengan empat unit untuk masing-masing produknya. 

Untuk Kia Niro EV yang terdampak recall merupakan produksi antara 7 November 2022 hingga 16 Mei 2023. Sedangkan Kia EV9 yang terdampak recall sendiri merupakan produksi antara 27 Oktober hingga 14 Desember 2023.

Untuk Recall ini, Kia akan mengganti part Differential Gear Bolt dan Gear Drive Unit yang menjadi bagian dari part penggerak mobil listrik ini. Kia tidak mematok biaya apapun dalam proses pergantian part ini. [edo/timBX]

Tags :

#
kia,
#
mobil listrik,
#
ev,
#
niro ev,
#
ev9,
#
recall

X