MENU
icon label
image label
blacklogo

Dominatorr: Street Scrambler Jelmaan Honda NX650 Dari Motoism

FEB 23, 2021@15:00 WIB | 185 Views

Brothers Lion dan Ben Ott, dari Motoism di Munich, merasakan kebutuhan akan sepeda yang lepas dari definisi cafe racer klasik. Mereka merasakan dorongan untuk membangun "sesuatu yang berbeda yang nyaman untuk dikendarai dan memberikan performa yang baik, tetapi juga merangkul sisi gelap".

Ada sentuhan humor gelap juga: 'Dominatorr' disebut sebagai 'sepeda motor khusus yang dirancang untuk seni heist getaway.' Dan meskipun mungkin ada sepeda motor yang lebih cocok untuk keberangkatan Kunstgalerie yang cepat , Honda ini akan melakukannya dengan gaya.

Sebagian besar mod halus, dan tidak mempengaruhi kekuatan fungsional NX650 yang terkenal. “Kami ingin mempertahankan tampilan asli motor tersebut,” kata Ben, “jadi kami meningkatkan beberapa lini dan membentuk kembali tangki bahan bakar aslinya.”

Seperti CB750 berbahan bakar nitrat yang brilian, Motoism menggunakan finishing monokrom pada Street Scrambler Dominatorr berspesifikasi 1991 ini. Sangat efektif pada tangki, di mana panel berwarna lebih terang menyamarkan bentuk tinggi yang tidak biasa.

Lion dan Ben mendesain ulang subframe sepenuhnya, meskipun: "Kami memodelkannya dalam CAD, menentukan bagian dan akhirnya TIG menyatukan semuanya." Tailpiece di atas adalah desain khusus, dan dicetak 3D menggunakan copolymer yang diperkuat serat karbon.

Cover garpu — yang juga menjadi tempat sinyal belok — dibuat khusus menggunakan proses produksi yang sama. (Ott bersaudara memiliki sejarah dengan teknik ini, dan yang terbaru membuat sebagian besar komponen 3D pada Harley terbaru dari Crooked Motorcycles.)

Set roda F21 / R17 Dominator yang biasa sangat ideal untuk tamasya off-road, tetapi tidak terlalu ideal untuk jalan-jalan sempit di kota terbesar ketiga di Jerman. Jadi, Lion dan Ben telah memilih kompromi dual-sport: pelek alloy F19 / R17 yang lebih berorientasi jalan raya yang sekarang beralas roda sport ganda Continental TKC80, untuk mempertahankan kemiripan cengkraman pada medan jalan tanah.

Stok penutup rem depan plastik telah hilang, menunjukkan peningkatan sistem Brembo. Dan ada kejutan YSS baru di bagian belakang, departure pilihan biasa Ott bersaudara dari Öhlins.

Sepeda motor donor itu jarak tempuh rendah dan dalam kondisi baik, sehingga mesin hanya membutuhkan servis yang menyeluruh. Ini juga menjalankan kit karbo Dynojet, yang meningkatkan kemampuan kendaraan dan memberi sekitar 10% tenaga kuda lebih banyak.

Knalpot chunky adalah unit aluminium yang mengalir bebas dari GPR dengan berat sekitar 1,75 kg, dan ujung pipa harus dimodifikasi agar semuanya pas di bawah subframe baru.

“Salah satu tantangan terbesar adalah menemukan posisi yang baik untuk peredam, menjaganya tetap sejajar dengan subframe serta unit ekor,” kata Ben, “dengan ruang yang cukup untuk roda belakang saat dibelokkan.”

Fairing plastik yang awalnya dipasang pada Dominators belum terlalu tua, jadi Motoism menggantinya dengan nacelle lampu depan yang ringkas berdasarkan unit Controlpit yang mereka jual di toko mereka. "Klien menginginkan speedometer bulat, jadi kami menyesuaikan bagian untuk proyek ini, yang bekerja dengan baik."

“Untuk bars dan grip, kami menggunakan suku cadang dari mitra kami, LSL. Klien ingin tombol tetap orisinal, jadi kami memperbaruinya. "Barang-barang listrik lainnya terselip rapi, dalam kotak potong laser di bawah jok.

Beberapa suku cadang khusus pada build ini berasal dari rangkaian 'Tailormade' Motoism yang cerdas. Seperti kebanyakan custom builder cerdas yang lainnya, Lion dan Ben tahu bahwa penting untuk mengembangkan berbagai komponen yang sulit agar arus kas tetap berjalan — tetapi dalam kasus mereka, suku cadang ini dapat disesuaikan agar sesuai dengan semi-custom.

Klien awalnya ingin Dominator dicat dengan warna hijau pertengahan 'woodruff', tetapi Lion dan Ben menyarankan bahwa finishing hitam-putih berkelas akan menjadi pilihan yang lebih baik. Kami setuju — ini jelas tapi efektif.

'Dominatorr' sekarang merupakan jenis pengacak jalanan yang kami sukai, menggabungkan gaya enduro klasik dengan isyarat visual dari seorang cafe racer modern. Jika Anda berada dalam jarak jauh dari Munich, pergilah ke showroom Motoism untuk memeriksanya sebelum memulai petualangan baru. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
dominatorr,
#
street scrambler,
#
honda nx650,
#
motoism,
#
motor kustom