MENU
icon label
image label
blacklogo

Divisi Motor Listrik Harley Davidson akan Menjadi Pabrikan Tersendiri

DEC 14, 2021@17:35 WIB | 305 Views

Kembali ke tahun 2019, Harley Davidson menjadikan motor listrik salah satu fokus utama di masa depan, dengan mendirikan divisi khusus yang diberi nama LiveWire. Namun, sepertinya Harley berencana semakin mengekspansi LiveWire, dengan menjadikannya perusahaan/pabrikan motor tersendiri. 

Harley tidak akan melakukannya sendiri, tetapi dengan bantuan dari perusahaan akuisisi untuk tujuan khusus yaitu, AEA-Bridges Impact Corp (ABIC). Keduanya akan bermitra untuk menelurkan perusahaan publik baru (New York Stock Exchange symbol LVW) yang mungkin akan menjadi "perusahaan sepeda motor EV pertama yang diperdagangkan secara publik di AS.".

Perusahaan itu tetap akan memiliki nama LiveWire. Perusahaan ini juga akan mencakup pembuat sepeda keseimbangan listrik untuk anak-anak, Stacyc. Harley akan menjadi pemilik/pemegang saham perusahaan terbesar, memegang 74% saham, ABIC akan memiliki 17 persen, dan beberapa lainnya, termasuk pabrikan motor yang berbasis di Taiwan, Kymco.

Pabrikan motor asal Negeri Paman Sam ini mengharapkan LiveWire akan memiliki "nilai perusahaan sekitar $ 1,77 miliar dan nilai post-money equity sekitar $ 2,31 miliar pada penutupan.". ABIC akan menginvestasikan $400 juta tunai yang disimpan dalam trust, Harley sendiri $100 juta, dan jumlah yang sama yang akan digelontorkan Kymco.

Pada awalnya, perusahaan baru ini hanya akan tersedia di Amerika Utara dan Eropa, setelah itu baru berekspansi ke Asia. Pada saat artikel ini dibuat, belum ada info mengenai daftar produk yang ditawarkan, tetapi ada yang menyebutkan transaksi ini akan memberi LiveWire kebebasan untuk mendanai pengembangan produk baru dan mempercepat model go-to-marketnya.

Sesuai pengumuman yang dibuat minggu ini, pemisahan LiveWire dan secara public akan dilakukan pada paruh pertama tahun depan, jadi jika anda berencana untuk berinvestasi dalam bidang otomotif, anda memiliki pilihan. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
harley davidson,
#
livewire,
#
ev,
#
e-bike