MENU
icon label
image label
blacklogo

Divisi Desain Koenigsegg Rancang Hypercar dengan 3 Tempat Duduk nan Misterius

APR 22, 2020@19:51 WIB | 158 Views

Koenigsegg  secara bahasa Swedia berarti 'tidak berpuas diri' cukup inline dengan lineup  produksi yang mencatatkan diri sebagai pabrikan otomotif terhormat dan tercepat di dunia.  Catatan serius yang perlu kita perhatikan adalah sebuah family car  dengan tenaga 1700 hp yang tereksekusi pada varian Gemera dan varian tercepat Jesko Absolut 300+ di Angelholm merupakan varian terbaru dari sisi material.  Kali ini Koenigsegg  memperkenalkan konsep virtual sebuah hypercar entrylevel yang dikeluarkan langsung oleh pabrikan Swedia tersebut. Sekaligus menjadi bukti bahwa hypercar memiliki segmen yang tidak sempit.

Konsep hybrid Regera yang  diperkenalkan tahun 2017  dalam dua varian,  akan tetapi 80 unitnya sudah ludes terjual dan itu menjadi rekor tersendiri. Jesko dengan dua varian terjual 125 unit,  sementara Gemera standar terjual 300 unit.  Hypercar  dibandrol dengan harga USD 3 juta, sementara  dengan 4 tempat  duduk dijual USD 1,9 juta masih membutuhkan  daya tarik embrio yang lebih luas. 

Selain itu Christian Von Koenigsegg  telah meluncurkan divisi desain baru,  Raw Design House yang baru saja berdiri.  Maret 2020 menjadi bagian waktu marathon untuk peluncuran hypercar tersebut. Von Koenigsegg  menunjuk kepala desainer Sasha Selipanov, untuk mengembangkan core business baru yang terdaftar bagi konsumen  untuk menawarkan layanan design.  Celah market inilah yang sedang digarap oleh Koenigsegg dan rekan kerjanya. 

Kinerja Selipanov dibelakang meja desain menawarkan revolusi rendering yang dikembangkan melalui media sosial 2019 Koenigsegg  Sketch Challenge. Salah satu rendering yang cukup patut diperhatikan adalah milik Esa Mustonsen,  berada dijajaran seniman digital untuk kelas entry level ini.  Usia Esa yang cukup belia, 23 tahun ini membuat pixel master ini selalu berkarya  pada dunia mobil.  

Lulus dari Lahti Institute of Design,  Finlandia, dia diperbolehkan magang di Koenigsegg memberi masukan detail kecil dari Gemera.  Sementara sebagian waktunya dipersembahkan untuk membuat rendering GT-R generasi berikutnya. Hingga akhirnya Esa Mustonse berhak mendapatkan label 'under supervision and support of Christian Von Koenigsegg and Sasha Selipanov'. 

Bahkan sosok hypercar Baby One :1, adalah bagian dari ide dan proses yang mengarah desain nan menakjubkan. Coba bayangkan  bagaimana sebuah mobil konsep mengarah pada paket compact.  Kami sedang menggali campuran gaya apa yang diterapkan.  Disisi lain juga desain tradisional Koenigsegg  termasuk pada fitur seperti gaya racer prototype dengan roof,  dengan desain front bonnet yang tebal.  

Selain itu, gaya desain terinspirasi  jet tempur, dengan diffuser belakang dibentuk dan didesain seperti  afterburner.  Selain itu sektor aerodinamika memberikan pasokan udara segar dari  mesin, melibatkan hardware guna memanipulasi  udara yang tersembunyi di balik desain yang sederhana.  Teknologi mesin yang diterapkan mengadopsi Koenigsegg  Gemera, lebih go green dengan motor listriknya, akan tetapi belum  sepenuhnya hybrid. 

Sisi eco green machine lebih didefinisikan tetap pada jalurnya.  Koenigsegg  merancang mesin yang ekstrim mengguanakan struktur komposit, sehingga memangkas berat kosong hanya 700 kg.  Dan faktor emisi yang telah diperhitungkan. Bahan interior dari karbon fiber  merancang gaya dudukan 3 titik. Mesin 3 silinder, twin turbo yang cukup efisien. Mesin freevalve  pertama yang sudah diproduksi  pada Gemera, akan tetapi tidak dibicarakan bagaimana motor listrik menyokong mesin utamanya. Tenaganya 100 hp lebih besar dari Gemera, menggunakan bahan bakar sintetik  tidak membatasi atas emisinya. 

Ruang diskusi masih cukup lebar untuk Baby One :1, karena integrasi dunia virtual dan dunia otomotif secara nyata tidak cukup satu tulisan. "RAW menunjukkan desain baru dari  tipe baru dari user experience yang bisa diaplikasikan  di dunia real dan virtual. Akan ada perpaduan pengalaman berkendara,  setup dari ranah real car atau ranah digital yang seringkali dikembangkan dari dunia simulator balap." [Ahs/timBX]

Tags :

#
hypercar koenigsegg,
#
baby one: 1,
#
esa mustonsen,
#
raw design house,
#
koenigsegg sketch challenge,
#
konsep hypercar

RELATED ARTICLE