MENU
icon label
image label
blacklogo

Diuji, Jeep Wrangler JL 2020 Terguling Saat Tabrak Depan

MAY 09, 2020@15:00 WIB | 240 Views

Insurance Institue for Highway Safety baru saja merilis dua video dalam kanal YouTube-nya menunjukkan uji tabrak Jeep Wrangler generasi JL. Menariknya, dalam pengujian tabrak depan separuh badan, SUV ini terlihat berguling sesaat setelah menabrak. Tentunya ini akan mempengaruhi nilai keamanan keseluruhannya.

IIHS mengatakan “kami sudah melakukan pengujian dengan dua mobil, yang versi tahun ini dan versi 2019 empat pintu, keduanya kurang memuaskan. Kejadian yang sama terjadi pada saat pengujian model 2019 lalu, di mana kendaraan akan berguling ke kanan saat kendaraan menghantam halangan dari sebelah kanan.”

Nah, reaksi unik ini diperkirakan akan menimbulkan cidera tambahan jika nanti benar-benar terjadi. Reaksi ini jauh dari target standar keamanan saat kecelakaan tabrak depan. Sebuah kendaraan yang tak bisa stabil saat menabrak dari depan memang berbahaya, dari maka itu nilai keamanan keseluruhan Wrangler diturunkan IIHS ke kelas marginal.

Namun walau Wrangler 2018-2020 mendapat skor Marginal alias satu tingkat di atas Poor, ia mendapat skor baik pada keamanan di sisi pengemudi. IIHS menyampaikan jika saat tabrakan, driver masih dalam posisi aman di bagian atas, dan risiko cidera pada kaki dan seluruh area bawah terbilang rendah.

Organisasi uji keamanan ini tidak berspekulasi mengenai apa yang menyebabkan tergulingnya Wrangler, namun terlihat dari video jika mungkin center of gravity yang tinggi adalah kambing hitamnya.

Selain itu IIHS juga merilis video JL Wrangler saat uji tabrak samping dan membubuhkan skor yang memuaskan, karena kendaran tetap stabil serta penumpang pun cukup aman, berikut videonya. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
insurance institue for highway safety,
#
suv,
#
jeep wrangler jl 2020,
#
iihs