MENU
icon label
image label
blacklogo

Ditunggu-tunggu Sejak Lama, Ferrari Purosangue Akhirnya Debut!

SEP 14, 2022@10:00 WIB | 271 Views

Ferrari akhirnya mengungkapkan SUV pertamanya yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh khalayak otomotif sedunia, yaitu Ferrari Purosangue.

Walaupun Ferrari dikenal dengan mobil sport dua kursinya, pabrikan ‘Kuda Jingkrak” sebelumnya sudah membuat mobil sport empat kursi sejak awal 1960-an, dan model all-wheel-drive sejak FF coupe diperkenalkan pada 2011. 

Purosangue terlihat seperti SUV, mirip dengan SUV sport mewah lainnya dari merek seperti Porsche dan Maserati. Namun terlepas dari ukuran, bentuk, dan ground clearance-nya yang lebih tinggi, Ferrari bersikeras bahwa Purosangue bukanlah sebuah SUV, melainkan mobil sport layaknya mobil Ferrari lainnya.

Dari segi eksterior, Purosangue mungkin terlihat tidak seperti mobil tradisional Ferrari lainnya. Namun, di bagian jantung mekanis, model baru ini ditenagai oleh mesin yang menjadi ciri khas Ferrari, yaitu mesin V-12 6,5 liter bertenaga 715 hp yang dipasang di tengah, bukan di depan seperti kebanyakan SUV dan crossover.

Ferrari mengatakan lokasi mesin dan transaxle yang dipasang di belakang Purosangue mendistribusikan bobot yang hampir merata di antara keempat roda sehingga meningkatkan handling dari Purosangue.

Ferrari membanderol Purosangue seharga EUR390.000 (sekitar Rp5,8 miliar) di Italia. Dengan harga ini, Ferrari Purosangue bisa dikatakan adalah mobil produksi kedua termahal di jajaran Ferrari setelah Ferrari SF90 yang dijual seharga EUR440.000 (sekitar Rp6,5 miliar).

Ferrari mengatakan pengiriman Purosangue ke para pembeli akan dimulai pada kuartal kedua 2023 di Eropa, kuartal ketiga 2023 di Amerika Serikat, dan pada akhir tahun depan di pasar global.

Dua SUV saingan Porsche, Cayenne dan Macan, bersama-sama menyumbang sekitar 55% dari produksi Porsche pada tahun 2021. Walau demikian, Ferrari mengklaim tidak akan menjadikan Purosangue sebagai volume maker penjualannya. Ferrari berencana untuk membatasi produksi Purosangue tidak lebih dari 20% dari total produksi tahunannya, atau hanya sekitar 3.000 unit per tahun. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ferrari,
#
ferrari purosangue,
#
suv,
#
sport car,
#
mobil,
#
mobil baru,
#
crossover