MENU
icon label
image label
blacklogo

DARPA Kembangkan Kendaraan Taktis Terbaru

JUN 30, 2018@17:00 WIB | 215 Views

Kebanyakan kendaraan darat militer dilengkapi dengan ban atau roda tank, tetapi Program Teknologi Ground X-Vehicle (GXV-T) milik Departemen Pertahanan AS (DARPA) telah melahirkan sistem unik, yaitu mobil yang dapat berubah dari roda menjadi roda rantai mirip tank.

(DARPA sedang menguji kendaraan taktis terbaru)

Dijuluki "Reconfigurable Wheel-Track”, sistem yang dibuat dapat menggabungkan kecepatan yang disesuaikan oleh ban dengan kemampuan off-roading ekstrim yang disediakan oleh ban a la tank tersebut. RWT dikembangkan oleh tim dari National Robotics Engineering Center Carnegie Mellon University dan peranti pengubah ban dapat bertransisi dari roda bulat menjadi trek segitiga dalam dua detik saat kendaraan masih bergerak.

Militer AS tampaknya melihat banyak potensi dalam desain ini karena mobil tersebut menyediakan perubahan instan untuk mobilitas taktis dan kemampuan manuver di berbagai medan.

(Kendaraan ini mampu mengubah bentuk roda dengan seketika)

“Reconfigurable Wheel-Track” adalah salah satu teknologi yang baru-baru ini ditunjukkan sebagai bagian dari program GXV-T yang bertujuan untuk meningkatkan mobilitas, survivabilitas dan efektivitas kendaraan tempur masa depan tanpa menggunakan ton armor.
 
Seperti yang dikatakan Mayor AD Amber Walker, DARPA mengambil pendekatan yang sangat berbeda untuk mobilitas tentara dengan menghindari baju besi dan mengembangkan pilihan untuk bergerak cepat dan menjadi lincah di segala medan.

(Program ini hasil kerjasama DARPA dengan Mellon University)

Di antara teknologi lain yang merupakan bagian dari program ini adalah motor hub elektrik dan suspensi multi-mode ekstrem. Yang terakhir ini dikembangkan oleh Pratt & Miller dan memiliki suspensi hidrolik yang disesuaikan secara independen untuk setiap roda. Teknologi ini memberikan kemampuan off-road yang ekstrim karena suspensi tersebut memiliki ketinggian hingga 1,8 meter.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
darpa,
#
taktis,
#
roda