MENU
icon label
image label
blacklogo

Dari Segi Rasa, All New Suzuki Ertiga Alami Cukup Banyak Peningkatan

APR 23, 2018@20:00 WIB | 657 Views

 (Fascia depan All New Suzuki Ertiga)

Berbarengan dengan pembukaan IIMS 2018 Kamis (19/4) lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan generasi kedua dari Ertiga.

Setelah selubungnya dibuka, banyak orang yang memberi penilaian positif terhadap perubahan yang terjadi pada Suzuki Ertiga. Baik itu di sektor eksterior, maupun interior.

 (Tampilan dasbor All New Ertiga)

Tak hanya eksterior dan interiornya saja yang berubah, mesin Ertiga terbaru juga tak luput dari ubahan. All New Ertiga memakai mesin berkapasitas 1.462 cc, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,7 hp, dan torsi 138 Nm. Kapasitas mesin Ertiga yang sekarang mengalami kenaikan sekitar 100 cc dari model sebelumnya.

Karena memakai mesin yang baru, tentu saja kami penasaran dengan bagaimana rasa berkendaranya. Beruntung, kami mendapat kesempatan untuk menjajal All New Ertiga walau hanya di area dan waktu yang terbatas.

 (All New Ertiga juga mengalami peningkatan kapasitas mesin)

Begitu masuk ke kabinnya, kami merasa bahwa posisi mengemudi All New Ertiga lebih tinggi dari sebelumnya. Ini adalah sebuah hal yang baik karena dengan posisi mengemudi yang tinggi, maka kita bisa mendapat visibilitas ke depan yang lebih baik dan jelas.

Begitu dijalankan, respons gas All New Ertiga terasa cukup agresif. Karena ketika gas diinjak sedikit saja, maka mobil langsung melesat dengan mudah. Dengan begitu, buat yang belum terbiasa dengan karakter gas seperti itu, maka perlu beradaptasi terlebih dahulu agar bisa berkendara dengan halus.

 (Akselerasi All New Ertiga terasa rata dari putaran bawah hingga atas)

Saat berakselerasi, tenaga All New Ertiga terasa rata dari putaran bawah hingga atas. Artinya, mobil ini cocok untuk dibawa cruising dengan kecepatan tinggi.

Lantas, saat melewati trek yang diberikan gundukan, terasa bahwa suspensi All New Ertiga ini terasa lebih nyaman dari pendahulunya. Karena saat melewati gundukan, badan tidak terlempar, dan suspensinya pun bekerja dengan baik kala meredam guncangan.

 (Bantingan suspensi All New Ertiga tetap nyaman)

Kekedapan kabin All New Suzuki Ertiga juga patut diacungi jempol. Karena saat kami di dalam kabinnya, tidak ada gangguan dari luar seperti suara desingan ban, mesin, dan sebagainya yang terdengar di dalam kabin.

Satu hal lagi yang patut diapresiasi dari All New Suzuki Ertiga adalah kemampuan mengeremnya. Saat kami mengerem dari kecepatan yang cukup tinggi, mobil ini mampu berhenti dengan baik dalam waktu yang relatif cepat. Padahal, rem belakang dari All New Ertiga masih mengandalkan teromol.

 (Masih belum ada kamera mundur pada All New Ertiga)

Meski terlihat mengalami banyak peningkatan, sayangnya ada satu hal yang kurang di All New Ertiga. Mobil ini masih belum dilengkapi dengan kamera parkir. Tentu saja ini menjadi poin minus untuk calon pembeli All New Ertiga yang masih belum begitu fasih memarkirkan mobil. [APSG/timBX] 

Tags :

#
suzuki ertiga,
#
all new ertiga,
#
low mpv,
#
first drive,
#
iims 2018,
#
auto news