MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Batalkan Kerjasama Dengan Rivian Terkait Mobil Listrik

APR 30, 2020@05:05 WIB | 221 Views

Efek pandemik global Covid-19 kini membuat banyak pabrikan otomotif membuat ulang strategi perusahaan. Banyak yang kembali bekerjasama dengan aliansinya untuk membuat satu teknologi yang bisa dipakai bersama-sama. Namun, tak begitu pula yang dialami Ford, karena pabrikan otomotif asal AS ini malah membatalkan rencana penggunaan platform milik Rivian untuk digunakan di mobil listrik merk Lincoln, milik Ford. Ford kini pede menggunakan platform pribadi yang dikatakan lebih canggih.

Pada April 2019 lalu, Ford menginvestasikan dana setengah miliar dolar di Rivian. Kurang dari setahun kemudian, pada Januari 2020, Ford mengumumkan bahwa perusahaan ini akan bekerjasama dengan Rivian untuk membuat mobil listrik Lincoln.

“Bekerjasama dengan Rivian menandai titik penting bagi Lincoln saat kami bergerak menuju masa depan yang mencakup kendaraan listrik sepenuhnya. Kendaraan ini akan membawa Quiet Flight ke era baru tanpa emisi, kinerja yang mudah, dan teknologi yang terhubung dan intuitif,” kata Joy Falotico, Presiden Lincoln Motor Company.

Bahkan induk perusahaan sendiri mengatakan bahwa BEV Lincoln, akan menggunakan platform listrik dari Rivian.

“Kendaraan listrik baterai Lincoln akan diproduksi dari platform “skateboard” milik Rivian dan merupakan bagian dari investasi ekuitas yang direncanakan oleh Ford Motor Company di Rivian. Kendaraan ini juga merupakan bagian dari investasi Ford yang sebelumnya diumumkan lebih dari $ 11,5 miliar untuk elektrifikasi, yang mencakup Mustang Mach-E dan pickup F-150 terlaris,” tulis Ford.

Tapi, Minggu ini Ford merubah pemikirannya setelah menulis di web perusahaan bahwa mereka mempertimbangkan kembali rencana besarnya dengan Rivian. Tulisan ini dibagikan ke semua karyawannya melalui web pribadi perusahaan.

“Kami terus meninjau dan menyesuaikan rencana bisnis dan produk, seperti yang dilakukan semua pebisnis yang bijaksana. Ketika melakukan pengembangan, kami memutuskan bahwa akan lebih baik untuk memberhentikan sementara penggunaan platform Rivian dan memfokuskan upaya pengembangan kami sendiri untuk kendaraan listrik milik Lincoln,” tulis Ford.

Unggahan singkat dari petinggi Ford ini lantas langsung direspon oleh manajemen Rivian, Amy Mast.

“Ford dan Lincoln akan terus menjadi mitra hebat, meskipun keputusan Ford menggunakan platform sendiri sudah bulat,” kata Amy Mast, juru bicara Rivian.

Rivian sendiri mengungkapkan bahwa jadwal perilisan Pick up listrik R1T akan mundur ke akhir tahun ini atau di awal tahun 2021.[prm/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
autonews,
#
ford,
#
skateboard platform,
#
mobil listrik,
#
lincoln,
#
rivian