MENU
icon label
image label
blacklogo

Daihatsu Terios Lebih Mewah dengan Fitur IDS, VSC dan HSA

SEP 19, 2021@13:00 WIB | 222 Views

Daihatsu Terios akhirnya mengumumkan minor update untuk compact SUV, yang diklaim mampu menambah efektivitas bahan bakar lebih hemat 5-10%.  Daihatsu menyebutnya sebagai Eco Idle atau Idle Stop System (IDS) atau yang dikenal kalangan umum sebagai fitur stop and go.   Fitur tersebut dikembangkan seiring dengan sambutan positif dari masyarakat Indonesia dengan tingginya permintaan terhadap Terios yang menjadi salah satu top 3 penjualan teratas Daihatsu di Indonesia.

Fitur Eco Idle, berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dengan tujuan menghemat konsumsi bahan bakar, mengurangi tingkat emisi gas buang, sehingga membuat kendaraan semakin ramah lingkungan. 

Cara mengaktifkan fitur ini  ada tiga syarat, pertama pastikan mobil benar-benar berhenti atau 0 km/jam. Kedua posisi transmisi pada Shift D, kemudian juga mengaktifkan dengan menginjak pedal rem.  Sementara untuk mobil manual, ada penyesuaian seperti mobil benar-benar berhenti, transmisi di posisi gigi masuk, kemudian bersamaan menginjak pedal rem dan kopling. Dalam kondisi tersebut, pengguna tinggal memencet tombol Eco Idle yang terletak di samping start button.

Kondisi tersebut bisa digunakan saat lampu merah, atau kemacetan yang panjang. Nah bagaimana saat lampu hijau, eksekusi yang perlu dilakukan tinggal melepas pedal rem untuk mobil bertransmisi matic, secara otomatis bakal dibaca oleh ECU untuk menghidupkan kembali mesin. Begitu juga dengan mobil manual, ketika pedal kopling dan rem diangkat, mesin akan hidup kembali. 

Fitur Eco Idle pada Terios dapat diaktifkan atau pun dinonaktifkan oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhannya. Berdasarkan hasil pengetesan konsumsi bahan bakar oleh tim R&D Daihatsu pada berbagai kondisi jalan, ditambah pengujian di fasilitas Test Course R&D Center Daihatsu di Indonesia, penyematan fitur Eco Idle pada Terios mampu menghemat bahan bakar hingga 10%. Hasil pengetesan dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi lingkungan, penggunaan jenis bahan bakar, dan cara berkendara.

Selain fitur tersebut, Daihatsu juga melengkapi Terios varian X dengan fitur keselamatan terkini agar berkendara menjadi lebih aman. Fitur tersebut seperti VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi mencegah over steer dan under steer ketika berbelok, serta HSA (Hill Start Assist) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan dengan memberi waktu beberapa detik untuk memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur.

Dengan hadirnya fitur kekinian yang ditambahkan, membuat kendaraan Compact SUV berkapasitas 7 penumpang ini semakin cocok untuk pelanggan yang aktif dengan beragam aktivitas harian mereka. Daihatsu Terios dengan tagline Sahabat Petualang tersedia dalam 9 varian, mulai dari varian X hingga R Custom. 


“Kami berharap, kehadiran fitur kekinian pada Terios ini dapat memberikan nilai tambah demi kepuasan pelanggan. Sebagai Sahabat Petualang, Daihatsu Terios cocok digunakan untuk aktivitas keseharian di berbagai kondisi jalan di Indonesia,” ujar Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).[Ahs/timBX]

Tags :

#
daihatsu terios,
#
idle stop system,
#
fitur eco idle,
#
vehicle stability control,
#
hill start assist,
#
astra daihatsu motor