MENU
icon label
image label
blacklogo

Daihatsu New Sigra MC VS Honda Mobilio Bekas, Mana yang Lebih “Worth It”?

JAN 21, 2022@14:00 WIB | 207 Views

Mobil berjenis LCGC atau LMPV bisa dijadikan pilihan bagi yang menginginkan mobil yang nyaman untuk keluarga dan sisi fungsional dari kendaraan tersebut. Saat ini ada dua pilihan LCGC atau LMPV yang cukup banyak dibicarakan, yaitu Daihatsu Sigra terbaru dan Honda Mobilio bekas. Kedua mobil ini masing-masingnya menawarkan berbagai macam fitur menarik dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, mana yang lebih “worth it” untuk dimiliki?

Berikut perbandingan dari masing-masing mobil ini:

1. Mesin

Untuk urusan jantung mekanis, keduanya memiliki perbedaan yang lumayan signifikan. Sigra disuguhkan dalam dua tipe, versi terendah memiliki konfigurasi 3 silinder dengan kubikasi 1,0 liter yang dapat menghasilkan output hingga 67 PS dan torsi 89 Nm. Sementara versi tertinggi dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1,2 liter yang sanggup menghasilkan output hingga 88 PS dan torsi 108 Nm.  Mobilio dengan kapasitas mesin 1,5 liter masih menjadi yang terdepan di segmen ini dengan tenaga 118 PS dan torsi yang mencapai 145 Nm, jauh lebih bertenaga daripada Sigra varian tertinggi.

2. Transmisi

Dari sisi transmisi, Mobilio dibekali dengan model transmisi CVT, yang menyebabkan perpindahan gigi menjadi lebih halus. Sigra di sisi lain masih menggunakan model transmisi konvensional yang memberikan pengalaman layaknya mengendarai mobil manual.

3. Dimensi

Dilihat dari segi dimensi, Mobilio sedikit lebih unggul. Dengan dimensi 4,386 x 1,683 x 1,603 mm (PxLxT), kabin Mobilio seharusnya lebih lega daripada Sigra, baik untuk mengangkut penumpang atau barang sedangkan Sigra sendiri memiliki dimensi 4.070 x 1.655 x 1.600 mm. Selain itu, karena menggunakan jok yang tipis, Mobilio terasa lebih lapang daripada Sigra.

4. Eksterior

Dari segi eksterior, kedua mobil ini tidak jauh berbeda. Sigra punya desain yang lebih sporty dengan pengaplikasian garis horizontal yang lumayan banyak di grille dan bumper dan Mobilio dengan desain yang lebih kalem dan elegan. Untuk penerangan sendiri, Sigra sudah menggunakan teknologi LED yang secara teori lebih hemat energi. Sedangkan Mobilio 2015 masih mengaplikasikan lampu halogen multireflektor.

6. Interior

Selanjutnya di interior, dasbor Sigra terlihat lebih kompak dikarenakan posisi tuas transmisi yang dibuat menyatu dengan dasbor. Mobilio sendiri memilih pendekatan yang lebih konvensional dengan meletakkan tuas transmisi di konsol tengah jok bersama rem tangan. Untuk urusan infotainment, keduanya menggunakan layar sentuh untuk memainkan berbagai macam media termasuk menampilkan gambar dari parking camera yang disematkan di belakang.

7. Fitur Keselamatan

Untuk fitur keselamatan sendiri, kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). 

8. Harga

Daihatsu New Sigra MC dibanderol mulai Rp 125 jutaan untuk varian standar hingga Rp 169 jutaan untuk varian tertinggi (OTR Jakarta). Sedangkan Mobilio lansiran tahun muda rentang harganya tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan Sigra dengan varian tertinggi, yaitu varian E Prestige yang menawarkan 2 macam opsi transmisi, manual atau CVT.

Jadi, mobil manakah yang bisa dijadikan tunggangan baru? Dengan merogoh kocek kira-kira Rp 150 juta Anda bisa memilih antara Honda Mobilio yang unggul dari sisi dapur pacu tetapi dengan status mobil bekas, atau Daihatsu Sigra yang unggul dari sisi eksterior dan pencahayaan dengan kondisi yang masih baru.

Tags :

#
daihatsu new sigra mc,
#
honda mobilio