MENU
icon label
image label
blacklogo

Cyan Concept 03 dari Lynk & Co, Sedan 4 Pintu Tercepat Nurburgring

AUG 26, 2019@19:35 WIB | 252 Views

Banyak sekali pabrikan yang berusaha membuat sedan versi produksi paling cepat. Salah satunya adalah WRX STI type RA NBR dari Subaru, yang telah diujicobakan di sirkuit The Ring atau Nurburgring. Catatan waktunya luar biasa, 6 menit 57,5 detik.  Bagaimana dengan sosok sedan sport konsep milik Lynk & Co. 03 yang sama-sama empat pintu menjalani test di Nurburgring?

Lynk & Co. 03 Cyan Concept  pertama kali diperkenalkan akhir tahun 2018, dan menempatkan sebagai sedan terbaik dengan catatan waktu 7 menit 15,123 detik, dibalik kemudi Thed Bjork, pembalap asal Swedia. Dengan penggerak roda depan, catatan waktunya dinyatakan sebagai mobil FWD legal paling cepat di the Ring.

Bila dibandingkan dengan Jaguar XE SV Project 8 yang melahap the Ring dengan catatan 7 menit 18.361 detik, yang dites pada bulan Juli kemarin. Maka Lynk & Co. 03 Cyan Concept menjadi sedan concept tercepat saat ini.

Cyan Concept 03 dibuat oleh Lynk&Co, bekerjasama dengan tim balap the Cyan, yang sudah lawan dari mobil balap 03 TCR. Menggunakan platform yang dikembangkan secara khusus dari Lynk & Co.  Cara ini cukup sejalan dengan apa yang telah dilakukan Polestar saat membangun brand Volvo yang cukup liar.  Cyan sendiri sebenarnya bagian dari tim balap Polestar. Namun statusnya tetap independen setelah Polestar di akuisisi oleh Volvo pada tahun 2015.

Basic mesin berkapasitas 2.0 liter, menggunakan turbocharged, inline 4, menghasilkan tenaga 528 horsepower dan torsi 504 Nm.  Tenaganya didistribusikan melalui roda depan, dan mampu berakselerasi 0-60 mph dalam 4,4 detik. Kecepatan tertingginya 310 kpj, dilengkapi dengan transmisi sequential 6 percepatan. Suspensi menggunakan Ohlins, yang dapat diadjustable. Velg 20 inci, ban 285/35 dan cakram depan 14,9 inci dengan 6 piston.

Lynk & Co menjadi bagian dari brand Geely, yang juga mengakuisisi Volvo.  Sejauh ini Lynk&Co hanya beredar di Cina, namun memiliki hasrat untuk memasarkan ke Eropa, dan Amerika Serikat. Siapa sedan 4 pintu yang bakal mengalahkan rekor the Ring miliknya? [Ahs/timBX]

Tags :

#
cyan concept 03,
#
lynk & co,
#
nurburgring,
#
street legal sedan