MENU
icon label
image label
blacklogo

Crighton Luncurkan Motor Bertenaga Putar CR700W

NOV 03, 2021@20:00 WIB | 215 Views

Proyek terbaru dari mantan jenius balap rotari Norton, Brian Crighton, sukses mencuri perhatian baru-baru ini.

Bagaimana tidak, itu adalah peluncuran track bike edisi terbatas bertenaga putar dan ultra-eksotis, yang dinamakan CR700W. Ini adalah puncak dari 12 tahun kerja Crighton yang memimpin pengembangan balap rotari JPS Norton di awal 1990-an. Pria berusia 73 tahun tersebut telah bekerja sama dengan spesialis mesin aero rotary Rotron Power sejak tahun 2009 dan kini menghasilkan CR700W.

Kemitraan ini sekarang berencana untuk membuat hanya 25 contoh mesin, yang mereka gambarkan sebagai 'sepeda trackday pamungkas'. Sepeda motor ini dilabeli harga £85.000 atau sekitar Rp1.6 milyar rupiah. Meski berharga fantastis, CR700W tidak legal untuk jalan raya atau balapan.

Motor mengalami pengembangan yang signifikan dibandingkan mesin tahun 1990-an. Komponen struktural utama telah dicor, ada saluran pendingin internal baru, dan menggunakan segel puncak keramik silikon nitrida gesekan sangat rendah. Anda juga mendapatkan gearbox enam kecepatan dan slipper clutch terintegrasi dan, tentu saja, sistem ejektor knalpot perintis Crighton.

Kemitraan ini juga mengklaim penggunaan material dan desain canggih. Ini juga menghasilkan 'keausan hampir nol' dan mesin harus bekerja satu musim penuh sebelum membutuhkan pekerjaan besar. Sementara itu, sasis CR700W terdiri dari rangka spar kembar aluminium yang lebih konvensional namun kompak dan ringan, belakang monoshock, rem Brembo dengan spesifikasi terbaik, velg karbon Dymag dan pilihan suspensi Ohlins atau Biturbo yang semuanya dibalut bodywork serat karbon yang dipesan lebih dahulu.

"Dalam banyak hal, CR700W adalah puncak dari pencapaian karir saya," kata Crighton kepada MCN. "Ini merangkum yang terbaik dari kebijaksanaan teknik saya dan saya percaya hasilnya adalah trek dan sepeda motor balap terbaik." CR700W bertenaga 220bhp dengan bobot hanya 129,5kg. Berkat angka tersebut, motor ini diklaim memiliki rasio power-to-weight yang lebih baik daripada motor MotoGP.

Roda dua terbatas ini telah diresmikan di Museum Sepeda Motor Nasional pada 30-31 Oktober 2021 lalu, yang ditandai dengan Crighton menyalakan mesin kendaraan. Ia juga berencana untuk membangun sejumlah mesin rotari baru terbatas untuk digunakan di lintasan.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
crighton,
#
motor crighton,
#
motor terbaru crighton,
#
motor bertenaga putar cr700w

RELATED ARTICLE