MENU
icon label
image label
blacklogo

Corona Datang, Pabrik Otomotif Pun Bertutupan

MAR 19, 2020@14:30 WIB | 187 Views

Sangat mengerikan memang dampak mewabahnya virus corona bagi dunia. Bayangkan saja, banyak negara yang menerapkan “lock down” untuk membuat berkurangnya warga mereka terjangkit virus ini. Alhasil, pasar saham pun banyak yang anjlok akibat kebijakan ini, termasuk pula pasar otomotif. Jika  diingat kebelakang, sebenarnya banyak kejutan yang akan dihadirkan oleh masing-masing perusahaan kendaraan roda empat ini, baik secara independen maupun melalui pameran otomotif.

Kita bahas secara acak BlackPals, seperti BMW Group yang ternyata menutup aktivitas pabriknya untuk sementara di Eropa dan Afrika Selatan. Selanjutnya, kemungkinan aktivitas pabrik akan dimulai kembali di pertengahan April 2020.

Kemudian ada Porsche yang juga menutup sementara produksinya selama dua minggu. Pabriknya di Zuffenhausen dan Leipzig, Jerman yang akan tutup mulai tanggal 21 maret. Perusahaan ini mengatakan bahwa akibat penutupan ini akan membuat produksi tidak beraturan, namun Porsche akan berusaha untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pasar.

Volkswagen pun tak luput dari “shutdown” pabrik. Penutupan ini langsung diumumkan oleh CEO-nya, Herbert Diess, yang juga menyampaikan bahwa mustahil bisa menaikkan angka surplus untuk kinerja perusahaan, terlebih keuangan perusahaan di tahun 2020.

Dari semua penutupan pabrik kendaraan ini, pameran otomotif pun juga akhirnya ditunda penyelenggaraannya lantaran virus corona ini. Bayangkan saja BlackPals, berapa banyak biaya yang sudah dihimpun akhirnya hilang begitu saja, mulai dari eksibisi hingga tiket. Geneva International Motors Show ini dikatakan akan berlangsung di tahun 2021 mendatang. Pada akhirnya, para eksibitor yang akan mengikuti pameran ini, meluncurkan sendiri kendaraannya lewat website resmi masing-masing perusahaan.

Tak luput pula di Indonesia, GIIAS Surabaya dan IIMS 2020 di Jakarta dan Makassar pun ditunda pula penyelenggaraannya. Hingga saat ini, penyelenggaraan kedua event akbar di Indonesia tersebut belum jelas, kapan akan kembali diselenggarakan.[prm/timBX] foto berbagai sumber.

Tags :

#
autonews,
#
pabrik otomotif,
#
porsche,
#
virus korona,
#
volkswagen,
#
bmw,
#
giias,
#
iims,
#
gims,
#
geneva international motor show