MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Melakukan Pemindahan Gigi Mobil yang Benar

NOV 26, 2020@13:30 WIB | 333 Views

Melakukan proses transmisi manual atau pemindahan gigi saat berkendara mobil bisa melelahkan, terutama dalam kondisi jalan yang sedang macet.Proses pemindahan gigi atau menggunakan clutch saat membawa mobil bisa mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan sang pengendara itu sendiri. Maka dari itulah, proses pemindahan gigi mobil ini haruslah dilakukan secara benar hingga cara yang benar itu menjadi kebiasaan pengemudi yang bermanfaat nantinya.

Seperti yang dikatakan pengemudi veteran, proses transmisi manual ini mencakup masuk, keluar kopling. Yang mana posisi kaki kiri di atas, kaki kiri keluar, dan itu terdengar sangat sederhana ketika Anda memikirkannya seperti itu. Namun pada kenyataannya, ada metode yang tepat untuk mengganti gigi yang mungkin belum menjadi memori otot bagi Anda dan itu harus menjadi pertimbangan Anda sebelum Anda memutuskan kendaraan Anda berikutnya menjadi otomatis. Sang legenda balap Vip Isada, telah yang memberikan tips atau cara terbaik melepaskan pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi mobil ini.

Pertama, ketika Anda ingin menginjak pedal kopling, Anda harus mengangkat kaki dan menekan ke bawah dengan cara mendorong dari lutut, bukan dari seluruh kaki. Kedua, setelah Anda selesai memindah gigi, lepaskan pedal kopling dengan menahan kaki Anda di lantai, dengan cara yang mirip dengan cara Anda menahan kaki kanan untuk beralih antara rem dan throttle, lalu tekuk pergelangan kaki ke belakang.

Seperti yang dijelaskan oleh pelatih Vip Isada, alasannya adalah karena mengangkat seluruh kaki Anda dan melenturkan lutut setiap kali Anda bergeser membutuhkan lebih banyak energi daripada hanya menahan tumit dan melenturkan ke belakang. Yang terakhir ini akan menghemat tenaga Anda selama tahapan akhir balapan, atau selama merayapi lalu lintas pada jam sibuk. Namun, Anda harus memastikan Anda berada dalam posisi mengemudi yang benar ke sumur ini secara konsisten. Kaki Anda harus agak miring meskipun bersandar pada pedal mati atau saat kopling ditekan sepenuhnya. Anda harus mencobanya saat Anda mengemudi manual di lain waktu.

Itulah cara terbaik dalam memindahkan gigi mobil yang sesuai dengan ajaran sang legenda balap Vip Isada. Semoga bermanfaat. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mobil,
#
tips berkendara,
#
tips pengemudi,
#
cara memindahkan gigi mobil