MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Baru Mengirimkan Barang di AS

DEC 20, 2018@20:00 WIB | 176 Views

Perusahaan teknologi self-driving atau otonom saat ini memiliki banyak macam, salah satunya layanan pengiriman yang tersedia masyarakat. Startup Silicon Valley, Nuro, memulai layanannya ini dan bekerja sama dengan jaringan toko kelontong Kroger di Scottsdale, Ariz.

Pengiriman akan dilakukan dalam kendaraan yang dibangun khusus otonom yang dikenal sebagai R1. Tidak seperti beberapa kendaraan lainnya yang bisa dinaiki manusia, kendaraan ini hanya dapat digunakan untuk barang saja.

Jika dilihat sebelumnya ada perusahaan seperti Ford di Miami yang bekerja sama dengan mitra seperti Domino's Pizza, maka beberapa perusahaan teknologi juga sama-sama melihat banyak keuntungan dalam potensi bisnis yang terkait dengan layanan pengiriman otonom. Begitu juga toko kelontong dan pengecer bigbox yang sama-sama berusaha mencari cara untuk bersaing dengan Amazon dan layanan berlangganan lainnya.

Mungkin mengejutkan bahwa startup seperti Nuro pertama datang ke pasar model seperti ini. Tetapi perusahaan ini telah mengembangkan R1 sejak 2016. Baru-baru ini, ia telah menguji sistem self-driving di jalan-jalan Scottsdale saat menggunakan armada Toyota Prius yang dimodifikasi.

“Nuro memimpikan dunia tanpa tugas, yang mana segala sesuatu sesuai permintaan dan dapat disampaikan secara terjangkau. Mengoperasikan layanan pengiriman menggunakan kendaraan tanpa awak kami adalah langkah pertama yang penting menuju tujuan itu,” kata Dave Ferguson, presiden dan pendiri Nuro.

Sebagai permulaan, pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman otonom dari satu lokasi Toko Makanan Kroger's Fry di Scottsdale. Layanan tersedia bagi siapa saja dalam kode pos 85257, dan pelanggan memenuhi kendaraan pengiriman di pinggir jalan. Layanan ini memiliki biaya $ 5,95 atau Rp 85 ribu.

Meskipun tidak ada manusia di atas R1, kendaraan dapat dikendalikan oleh operator jarak jauh jika mereka menghadapi situasi yang mengganggu sistem otonom. R1 berjalan di jalan umum dengan kecepatan hingga 40 km/jam.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
autonomous,
#
otonom,
#
teknologi self driving,
#
nuro,
#
volvo,
#
volkswagen