MENU
icon label
image label
blacklogo

Canggihnya Toyota C-HR dan Prius Gen 4

AUG 19, 2017@15:00 WIB | 275 Views

Ajang GIIAS 2017 sebenarnya adalah ajang untuk mendapat ilmu lebih soal perkembangan industri otomotif. Selain tentunya untuk bertransaksi kendaraan baru. Apalagi jika teknologi yang diusung kendaraan tersebut akan sebentar lagi bisa dinikmati pasar domestik. Salah satunya, Toyota C-HR dan Prius Gen 4 yang didatangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung dari Jepang. C-HR sendiri Ini adalah model compact crossover pertama dari Toyota, dan merupakan model kedua yang dikembangkan di bawah implementasi konsep Toyota New Global Architecture (TNGA).

C-HR adalah singkatan dari coupe-high rider yang menunjukkan bahwa mobil ini menggabung dua segmen yaitu sedan sport (coupe) dengan SUV. Implementasi dari konsep TNGA berhasil membawa desain dan sasis C-HR ke tingkat optimum.

Selain desain yang menarik, C-HR juga dilengkapi dengan sistem keselamatan yang dikembangkan melalui Toyota Safety Sense (TSS) yang terlihat pada feature keselamatan yang lebih advance, seperti Collision System with Pedestrian Detection yang tidak hanya berorientasi terhadap pengendara dan penumpang, tapi juga keselamatan orang lain di luar kendaraan seperti pejalan kaki di trotoar. Mobil ini juga dilengkapi Lane Departure Alert untuk mencegah kendaraan ke luar jalur serta Adapative Cruise Control.

Di pasar dunia, Toyota C-HR ditawarkan dengan mesin 1.200 cc (turbo) dan Hybrid menggunakan mesin 1.800 cc. C-HR Hybrid yang menggunakan Hybrid Synergy Drive dilengkapi motor listrik nickel metal hydride.  Pemakaian bahan bakar yang irit mampu membawa kendaraan ini memiliki jarak jelajah sekitar 560-610 km karena didukung dengan konsumsi bahan bakar sekitar 13-19 km per liter untuk varian 1.2L, dan 24-29 km  per liter untuk varian hybrid.

Lalu ada pula Prius Gen 4, yang telah lama menjadi pionir dan simbol keberhasilan mobil hybrid di pasar dunia. Generasi ke-4 Toyota Prius ini lahir di era digital, dimana semua sudah semakin modern dan konsumen semakin kritis terhadap sebuah produk. Tak heran bila Prius menggunakan platform baru dari Toyota yang disebut dengan atau TNGA. Platform yang juga digunakan pada Toyota C-HR tadi, menghadirkan low center of gravity untuk menciptakan kendaraan yang stabil dan seimbang.

Masih menggunakan mesin 1.800 cc, namun dengan material yang lebih ringan sehingga membantu kinerja dan performa mesin. Pengetesan pabrik mencatat Prius Gen 4 ini bisa mencapai 40 km/l. Prius Gen 4 hadir dengan pilihan baterai lithium-ion atau nickel hydre. Selain keunggulannya sebagai mobil hybrid, Prius Gen.4 juga hadir dengan sistem keselamatan yang sudah menggunakan konsep Toyota Safety Sense, Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitor. Jika masih penasaran, Anda bisa melihatnya lebih jauh di booth Toyota selama GIIAS 2017 berlangsung. [bil/timBX]

Tags :

#
toyota c-hr,
#
toyota gen 4,
#
toyota,
#
giias,
#
giias 2017,
#
blackauto,
#
autonews