MENU
icon label
image label
blacklogo

Cafe Racer Jelmaan KTM 390 Duke Buatan Rajputana

MAR 26, 2021@15:00 WIB | 424 Views

Pabrikan asal India, KTM terus bergeliat merangsek pasar kendaraan dengan teknologi juara. Melihat kenaikan angka penjualan sepeda merek Austria yang melebihi angka 64.000 – bahkan berhasil menekan pemain lama seperti Hero dan Bajaj di tahun lalu, toko kustom terkemuka Rajputana pun menangkap adanya peluang ini sebagai sebuah tren baru di masa mendatang.

Melansir pernyataan pendiri Rajputana, Vijay Singh, pihaknya belum pernah melihat cafe racer dibuat menggunakan 390 Duke di India, jadi mereka memutuskan untuk mencobanya. Rajputana adalah toko yang memiliki reputasi besar di India bahkan saat Harley-Davidson Street diluncurkan, Rajputana adalah pembuat Street kustom pertama secara resmi.

Disebut-sebut bahwa KTM ini adalah komisi klien pribadi. Lalu mengapa mereka memilih 390 Duke? Pasar India sangat menyukai sepeda berkapasitas kecil, dan 390 Duke adalah mesin satu silinder 43 hp seperti yang juga digunakan dalam Husqvarna 401.

Kualitas dinamis KTM kustom sangat disukai, namun dari segi desain, beberapa penyuka model retro akan cenderung menyebut bahwa desain KTM kustom sedikit kaku.

Untuk mesin dan suspense, kru Rajputana membuat sistem pembuangan langsung, dan fokus pada bodywork dengan membuat tangki baru, unit ekor, dan fairing mini yang dibuat handmade dari baja karbon rendah 20-gauge.

Mengutip penjelasan Vijay, terinspirasi Yamaha YZF-R1 2007 yang ikonik, maka tangki baru dibuat ulang dari awal. Selain itu juga ada lampu depan proyektor dari BMW GS, dan speedo KTM, dan ditambahkan bantalan tangki Snake Skins untuk membantu lutut pengendara dapat mencengkeram.

Pada bagian rangka belakang memiliki desain model wireframe menggunakan kawat las – denggan subframe baru dari baja ringan. Dari desainnya nampak ini dibuat langsung oleh studio desain KTM Kiska. Untuk pencahayaan dibenamkan lampu LED dalam akrilik yang diiris rapi, dengan cat metalik sederhana dan halus, dengan sedikit warna emas.

Kali ini pabrikan India ini tak lagi menggunakan velg 17 inci. Namun agar roda Triumph pas, mereka membuat satu set hub khusus menggunakan aluminium billet. Sedangkan ban dipilihkan Pirelli Diablo Supercorsa SC slicks, dengan ukuran 140 bagian di depan dan 190 di belakang. Pemilihan ukuran ini adalah untuk meningkatkan suhu dengan cepat dalam cuaca panas.

Untuk meningkatkan silinder master ke unit radial Brembo, Rajputana menambahkan clip-on pada stok rotor dan kaliper rem, sehingga rem terasa akan terasa lebih menakjubkan.

Kesimpulannya Rajputana melahirkan salah satu sepeda 'terbaik dari kedua dunia' dengan gaya retro namun tak mengurangi kualitas dinamis aslinya. Keren! [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cafe racer,
#
motor custom,
#
ktm 390 duke,
#
rajputana