MENU
icon label
image label
blacklogo

'C-Two’ Rimac Automobili, Mobil Listrik Berpesifikasi Tinggi

JAN 01, 2021@09:00 WIB | 541 Views

Perusahaan kendaraan listrik terkenal dengan hypercar serba listriknya, Rimac Automobili, belum lama ini mengumumkan koleksi barunya. Kendaraan yang disebut C-Two ini disebut-sebut hadir dengan spesifikasi yang tinggi.

Bagaimana tidak, mobil ini berakselerasi 0 hingga 60 mph hanya dalam 1,85 detik saja. Perusahaan juga mengklaim kecepatan 0 hingga 100 km dapat dicapai dalam 4,3 detik, dengan kecepatan maksimum 415 km/jam. Akselerasi ini berkat empat motor listrik independen mobil yang mampu mengeluarkan tenaga 1.914 tenaga kuda dan torsi 2.300 Nm.

“Lini produksi baru di Kroasia telah digunakan untuk produksi 12 kendaraan eksperimental dan validasi prototipe C-Two, digunakan untuk pengujian ekstensif serta validasi dan uji tabrak,” jelas pihak Rimac Automobili.

Menyangkut C-Two, perusahaan menyatakan akan menggunakan kendaraan tersebut untuk uji homologasi, uji ketahanan, eksperimen trim, penyesuaian NVH, dan evaluasi produk global. Setelah semua pengujian berjalan lancar, maka mobil akan diproduksi dengan skala penuh.

“Sekarang, enam mobil pra-seri pada dasarnya dikenal sebagai C-Two, datang dengan spesifikasi produksi, kesesuaian dan penyelesaian, kemampuan mengemudi, dan keandalan, yang hampir siap diproduksi. Modifikasi kecil masih dimungkinkan sebagai konsekuensi dari input produksi akhir serta pengujian ketahanan dan keandalan,” lanjut Rimac Automobili.

Perakitan setiap mobil pra-seri C-Two membutuhkan waktu sekitar 8 minggu, meski seharusnya hanya butuh waktu 5 minggu saja. Proses perakitan berjalan lambat karena sejumlah besar komponen dan sistem diproduksi sendiri dan dikirim ke jalur perakitan akhir.

Menariknya, motor belakang C-Two dilengkapi dengan gearbox dua kecepatan sedangkan motor depan dilengkapi gearbox kecepatan tunggal yang lebih tradisional untuk kendaraan listrik. Keempat motor ini ditenagai oleh kapasitas energi 120 kWh yang disimpan dalam dua paket baterai baru, yang mampu melakukan pengisian cepat DC dengan CCS Combo.

Selain itu, perusahaan mengklaim jangkauan NEDC mencapai 650 km, yang melebihi jangkauan Tesla 620 km. Dengan spesifikasi menawan, seorang eksekutif perusahaan mengatakan bahwa C-Two akan diapsarkan lebih dari $1 juta dolar AS atau setara Rp14,18 miliar rupiah. Selain itu, perusahaan juga berencana juga membatasi produksi hingga 100 unit saja.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan juga muncul sebagai pemasok komponen kendaraan listrik. Mereka sudah memiliki bisnis yang berkembang dengan memasok beberapa OEM, seperti Koenigsegg dan Aston Martin. Musim panas lain, Porsche mengumumkan bahwa mereka berinvestasi di Rimac untuk saham minoritas. Sejak itu, mereka telah bekerja sama dalam pembuatan kendaraan listrik untuk merek Jerman. Jelas bahwa koleksi baru dari Rimac Automobili ini layak dinanti… [yub/asl/timBX]

Tags :

#
c-two,
#
rimac automobili,
#
mobil listrik,
#
hypercar,
#
hypercar listrik