MENU
icon label
image label
blacklogo

BYD Luncurkan Dolphin Mini di Brazil dan Meksiko

FEB 29, 2024@16:49 WIB | 165 Views

Produsen kendaraan listrik dari China, BYD membuat tonggak sejarah baru dengan merilis BYD Dolphin Mini di Brazil dan Meksiko. Ini juga menjadi cara BYD mengirimkan tanda bahaya ke perusahaan kompetitor yang ada di Amerika Serikat (AS), terutama Tesla.

Seperti diketahui, pada kuartal keempat tahun lalu penjualan kendaraan listrik BYD mencatat hasil yang fantastis karena berhasil melampaui penjualan Tesla. Perlu diingat, capaian BYD pada saat itu diraih ketika belum berekspansi ke pasar Amerika.

Jadi apa yang dilakukan pabrikan saat ini dengan memperluas pasar ke Amerika Tengah dan Selatan bisa menggerus pasar yang didominasi produsen kendaraan di AS.

Bersamaan dengan meluncurnya Dolphin Mini, pabrikan juga sedang mencari lokasi di Meksiko untuk mendirikan pabrik yang bertujuan meningkatkan pangsa pasar perusahaan di pasar lokal.

Rencana kami adalah membangun fasilitas untuk pasar Meksiko, bukan untuk pasar ekspor,” kata CEO BYD Americas Stella Li.

Untuk BYD Dolphin Mini yang dirilis adalah hatchback 5 pintu yang termasuk jajaran Seri Ocean dan sudah tersematkan teknologi inovatif terbaru. Mobil ini akan menjadi Seri Ocean dengan harga yang paling terjangkau.

FYI, ada fakta unik terkait Dolphin Mini yaitu nama sebenarnya adalah Seagull. Ya, jadi bagi publik yang sudah mengenal Seagull pada dasarnya adalah mobil yang sama dengan Dolphin Mini. Perusahaan menggunakan nama Dolphin Mini untuk pasar di Amerika Selatan dan Tengah.

Untuk spesifikasinya, tentu saja identik dengan Seagull yang dirilis pada event Shanghai Auto Show 2023 lalu. Baterai yang dipakai untuk trim standar adalah yang memiliki daya 30,08 kWh dan mampu menempuh jarak maksimal sejauh 305 km.

Sedangkan untuk trim flagship, memakai baterai LFP 38,88 kWh dengan daya jelajahnya lebih tinggi yaitu mencapai jarak 405 km. Kedua trim memakai motor yang sama yang berkekuatan 55 kW (74 hp) dengan penggerak roda depan dengan torsi yang mencapai 135 Nm. 

Dolphin Mini mampu melakukan akselerasi dari 0-50 km/jam hanya dalam waktu 4,9 detik. Dimensi Dolphin Mini yang berkapasitas empat penumpang ini juga praktis dengan memiliki panjang 3.780 mm, lebar 1.715 mm tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2500 mm.

Bicara harga, EV kompak ini memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu berkisar73.800 – 89.800 yuan (Rp161 juta-Rp196 juta). Tak heran, mobil ini banjir peminat dan langsung menjadi produk terlaris BYD dengan catatan 280.217 unit terjual sepanjang tahun 2023 di China. [wic/timBX].

Tags :

#
byd,
#
dolphin mini,
#
byd dolphin,
#
byd brazil