MENU
icon label
image label
blacklogo

Bullenbeisser, Motor ‘Streetfighter’ Harris Magnum Dengan Kekuatan Besar

AUG 12, 2020@10:00 WIB | 370 Views

Streetfighter adalah motor yang dianggap memiliki efisiensi yang luar biasa dan estetika yang menarik perhatian. Dalam hal performa, kecepatannya tidak perlu diragukan lagi. Namun saat ini terdapat streetfighter yang menjadi sorotan.

Streetfighter ini memadukan output 150 hp dengan spesifikasi yang luar biasa. Dan jika orang-orang ingin melihat motor yang memiliki daya besar dan juga berbagai keunggulan dari bagian-bagian yang sulit didapat, itu adalah Harris ‘Magnum 4’.

Magnum 4 memiliki sasis baja tubular yang dikembangkan oleh sang ahli custom Harris Performance sejak tahun 90-an. Motor spesial ini dibuat pada tahun 1995, dan saat itulah sang pemilik, Timo LeMans, pertama kali tertarik mendapatkan motor ini.

“Saya telah berkecimpung di dunia streetfighter Jerman dan dunia motor custom sejak pertengahan hingga akhir 90-an,” katanya kepada awak media, seperti yang dilansir bikeexif.com. "Saya selalu menyukai rangka yang dibuat di tahun 80-an dan 90-an, termasuk Spondon, Martek, Harris, dan Rau. Saya selalu menyukai desainnya dan terutama performanya.

“Harris Magnum 4 ini sangat terkenal di kancah streetfighter Jerman di era 90-an dan 2000-an. Itu dikenal dengan nama 'Bullenbeisser' dan awalnya dibangun oleh seorang teman saya bernama 'Jörg the Duke'.

“Jörg menjadi pemilik motor hingga awal 2019, saat dia menjualnya kepada saya. Jadi saya harus menunggu 20 tahun untuk memiliki motor yang memiliki pengaruh besar bagi saya ketika saya baru memulai di dunia sepeda motor custom."

‘Bullenbeisser’ bisa diterjemahkan sebagai ‘cop biter’, dan itu adalah nama yang tepat untuk ‘monster’ ini. Sasis Magnum 4 awalnya dirancang untuk menampung motor pabrik Suzuki GSX-R1100 atau 750, dan Jörg telah memilih yang lebih besar dari keduanya.

Pekerjaan ini awalnya dilakukan oleh tuner terkenal asal Jerman, Christian Mende, yang meninggal dunia pada tahun 2016. Dia menggunakan mesin hingga 1.240 cc, dengan kepala mesin piston tempa JE dan camshaft Yoshimura.

Tetapi ketika Timo mendapatkan motor tersebut, motor itu tidak berfungsi cukup lama dan telah menghabiskan waktu di ruang tamu Jörg. Jadi langsung dibawa ke Wolfgang Bätz di Custom Wolf dengan tujuan untuk membuat motor tersebut bisa digunakan di jalan.

Wolfgang menghabiskan satu setengah tahun berikutnya untuk mengubah motor menjadi sepeda yang bisa kita lihat di sini. Selain rangka dan motor, hanya beberapa bagian penting yang tersisa: tangki bahan bakar Harris original dan swing arm Benelli TNT.

Motor ini didukung oleh knalpot Scorpion four-into-one, namun Wolfgang menggantinya dengan Mikuni TMR36s, mengganti kotak pengapian, memasang coil baru dan kabel baru, dan menghidupkan kembali motor Suzuki tersebut.

Kemudian pada bagian depan motor mendapat satu set upside-down forks Suzuki GSX tervary, ditahan oleh satu set custom-made triples yang dibuat khusus. Wolfgang juga melakukan beberapa penyesuaian pada pengaturan swing-arm custom dan memasang WP rear shock.

Velgnya adalah satu set paduan unit OZ Racing ringan, berukuran 17 × 3,5 di depan dan 17 × 6 di belakang. Remnya adalah perpaduan dari Nissin (depan) dan Brembo (belakang), dengan rem Beringer dan silinder master kopling.

Kemudian, Wolfgang membuang bodywork tambahan dan membuat unit fiberglass tail untuk melengkapi tangki Harris.

Pada bagian depan motor terdapat spatbor yang dibuat khusus, tepat di bawah lampu depan Benelli yang dimodifikasi. Tepat di belakangnya, Wolfgang menanamkan speedo Motogadget digital mungil ke bagian atas, bersama dengan sederet lampu indikator LED.

Bagian kokpit lainnya menampilkan clipon baru, pegangan aluminium yang dibuat oleh Wolfgang, sakelar mini Motogadget dan bar-end turn signals, dan satu set kaca spion bar-end. Rear turn signals berasal dari Kellermann, dan berfungsi ganda sebagai lampu belakang.

Sebagian besar komponen memiliki lapisan chrome, poles, mentah atau hitam, kecuali untuk rangka technicolor.

'Cop biter' milik Timo ini adalah perpaduan yang luar biasa dari karakter streetfighter era 90-an, dengan komponen spesifikasi terbaik dan sedikit gaya cafe racer.  [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bullenbeisser,
#
streetfighter,
#
harris magnum,
#
motor custom