MENU
icon label
image label
blacklogo

Builder Asal Indonesia Merombak Total Royal Enfield Bullet 500 Menjadi Cafe RacerBernuansa Chrome

SEP 07, 2021@11:45 WIB | 103 Views

Andika Pratama, builder dari Kromworks HQ, membuat sesuatu yang terlihat unik, rumit, namun tetap indah dari motor yang memiliki tidak terlalu spesial. Pratama menerima permintaan pesanan dari seorang pelanggan yang berada di Inggris. Hanya dalam tujuh bulan, ia muncul dengan motor dengan tampilan cafe racer yang cukup nyeleneh ini. Menurut Pratama, dia menerima email dari Keith Edney yang meminta motor kustom yang dibuat dari Royal Enfield Bullet 500, setelah desain akhir disetujui oleh Edney, dia mulai mengerjakan proyek tersebut.

Dia mulai dengan membangun sasis penuh dari logam tebal dan dengan berbekal background di bidang engineering, dia membuat motor ini tetap bisa berfungsi dan aman ketika dikendarai. Desain downtube tunggal menampilkan engine mount kustom yang disesuaikan dengan motor Royal Enfield dan bagian tengah yang terlihat unik dibuat untuk menopang monoshock kustom di bagian belakang yang memiliki bentuk kecil dan halus.

Suspensi belakang memiliki tautan yang solid dari swingarm, yang berarti shock hampir sejajar dengan jalan, dan juga memiliki shock kustom preloaded dan adjustable yang dirancang untuk membuat motor ini stabil, terutama ketika melewati tikungan. Drum setup buatan tangan berbahan pelat kuningan yang tampak sepenuhnya terintegrasi tetapi sebenarnya dapat dilepas untuk pemeliharaan atau penyesuaian pada persneling.

Swingarm khusus yang tampak halus dan artistik didesain senada dengan profil bodi motor yang cukup ramping dan sebenarnya merupakan peningkatan dari swingarm Royal Enfield yang asli. Pengaturan old-school girder fork mengingatkan kita kembali ke motor jadul, dan lengan pivot yang sangat halus mempercantik penampilan. Girder tersebut dibangun dari sepasang blok billet aluminium dan sistemnya dirancang untuk berfungsi dengan sistem rem tromol.

Bodywork satu bagian yang sepertinya dibuat dari baja tahan karat, lampu depan dan belakang memiliki penutup yang mengaburkan pengaturan pencahayaan. Jelas tim di Kromworks menghabiskan banyak waktu untuk memoles 'tangki' dan penutup rocker, serta mengatur kabel-kabel agar hampir tidak terlihat. Bagian mesin juga dilengkapi knalpot stainless steel buatan tangan. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
royal enfield,
#
royal enfield bullet 500,
#
kromworks hq,
#
motor modifikasi