MENU
icon label
image label
blacklogo

Bugatti EB110 SS Yang Langka Ini Akan Dilelang

JAN 04, 2018@16:00 WIB | 226 Views

Ada sedikit pertanyaan meski orang-orang sudah yahu bahwa Bugatti membuat beberapa hypercars tercepat dan paling kuat yang pernah ada, dan kami akan menganggap diri kami sangat beruntung karena harus memilih yang mana yang kami inginkan. Tapi jika dituntuk harus begitu, maka kita akan tergoda untuk pergi dengan yang satu ini.

Ini adalah EB110 SS 1993, versi yang lebih ringan, lebih kuat, dan sama sekali lebih ekstrem dari era pra-VW Group. Alih-alih "hanya" 550 tenaga kuda di EB110 GT, model SS mengemas daya 604 hp, memberikan performa yang membungkam dunia di masanya.

Sekarang, pada titik ini, Anda mungkin berpikir bahwa Chiron baru - dan bahkan Veyron yang datang sebelumnya - punya pukulan yang lebih kuat. Dan Anda benar, tentu saja, karena 600 kurang dari 1.000, dengan cara apapun Anda mengkalkulasinya. Tapi EB110 lebih ringan. Lebih dari 453 kg lebih ringan, sebenarnya: di mana Chiron memiliki berat sekitar 2 ton (hampir sama dengan Audi Q7), dan Veyron di atas 1.8 ton (lebih dari satu Q5), SS110 SS memberi angka pada timbangan kurang dari 1.5 ton (hampir tidak lebih dari Audi TT).

Dengan mesin V12 berkapasitas kecil 3,5 liter V12, EB110 SS membuat output spesifik 172 HP per liter - lebih baik daripada Veyron (bahkan Super Sport) dan hanya dikalahkan oleh Chiron (dengan tenaga raksasanya 1.479 HP) hampir seperempat abad kemudian. Tak heran, karena EB110 adalah gagasan Romano Artioli, orang yang sama yang melahirkan Lotus Elise, salah satu mobil sport paling ringan yang ada di pasaran.

Intinya adalah bahwa EB110 SS adalah jawara kelas bulu, pisau bedah presisi untuk palu berkulit berikutnya. Letakkan pada salah satu penerusnya di trek balap (tanpa lintasan lurus seperti yang ada pada Monza atau La Sarthe) dan kami akan bertaruh 110 lebih mumpuni dibanding penerusnya. Michael Schumacher cukup terkesan untuk membelinya, dan dia banyak bercerita tentang mobil itu.

Sayangnya Bugatti hanya membuat 139 unit EB110 sebelum sirna di bawah ambisi Artioli, dan hanya 36 unit di antaranya adalah model SS seperti ini. Tapi bahkan dari sebuah pabrikan langka seperti itu, yang satu ini punya sosok tersendiri. Ini adalah prototipe yang langka, menempatkan dirinya dalam buku sejarah di antara kendaraan paling terkenal yang pernah memakai nama Bugatti. Balai lelang RM Sotheby's (dari foto-foto karya Tim Scott ini) memperkirakan mereka akan menjual antara € 850.000 dan € 1,1 juta (atau sekitar USD 1-1.3 juta) saat pelelangan dimulai di Paris pada 7 Februari mendatang. Tertarik? [bil/timBX]

Tags :

#
bugatti eb110 ss,
#
bugatti,
#
supercar,
#
blackauto,
#
autonews