MENU
icon label
image label
blacklogo

Bugatti dan Rimac Bergabung Untuk Bangun Perusahaan Hypercar Baru

JUL 06, 2021@09:00 WIB | 153 Views

Rimac telah menempuh perjalanan yang sangat jauh sejak didirikan pada tahun 2009. Startup Kroasia itu membuat gelombang di industri mobil listrik dengan hypercar listrik Concept One.  Penggantinya, Nevera, diresmikan bulan lalu sebagai salah satu mobil produksi paling kuat yang pernah diproduksi, memperkuat reputasi Rimac sebagai unggulan di kategori supercar listrik.

Hal luar biasa startup Kroasia langsung menarik perhatian Porsche, yang baru-baru ini meningkatkan kepemilikannya di perusahaan menjadi 24%. Sejak itu, ada desas-desus bahwa Rimac dan Porsche bekerja sama untuk mengambil alih Bugatti, dan akhirnya menjadi resmi.

Hari ini, babak baru yang menarik dalam sejarah kaya Rimac dimulai. Dalam usaha patungan baru, Rimac dan Bugatti bergabung untuk membentuk perusahaan hypercar baru yang inovatif yaitu Bugatti Rimac LLC.

Rimac Group akan memiliki 55% saham mayoritas di perusahaan baru, yang akan menggabungkan keahlian teknologi Rimac dengan sejarah 110 tahun Bugatti dalam merancang dan mengembangkan mobil baru yang mutakhir. Porsche akan mengakuisisi 45% sisa saham. Pendiri Rimac Group Mate Rimac akan mempertahankan 37% saham aslinya di Rimac Group, sementara Porsche akan mempertahankan 24% saham yang ada. Hyundai Motor Group juga akan mengakuisisi 12% saham di Rimac Group dan 27% sisa saham akan diisi oleh investor lain. Pembentukan perusahaan patungan akan secara resmi disetujui pada kuartal keempat 2021. 

Rimac akan terus memasok powertrain, baterai dan komponen ke pabrikan lain melalui divisi Rimac Technology independen yang baru. Baik divisi Bugatti Rimac maupun Rimac Technology akan dipimpin oleh Mate Rimac.

Bugatti dan Rimac akan terus beroperasi sebagai merek terpisah dan mempertahankan fasilitas produksi yang ada di Perancis dan Kroasia. Namun, hypercar Bugatti dan Rimac di masa depan akan diteliti dan dikembangkan di Rimac Campus mutakhir yang baru, yang juga menjadi basis divisi Rimac Technology.

Berbasis di Zagreb, Kroasia, fasilitas senilai 200 juta euro ini akan dibuka pada tahun 2023 dan mempekerjakan 2.500 staf. Ketika diluncurkan, usaha patungan ini akan memiliki sekitar 430 karyawan, dengan 300 berbasis di kantor pusat perusahaan di Zagreb dan 130 di markas besar Bugatti di Molsheim, Perancis.

Bugatti akan terus mengembangkan Chiron, sementara Rimac akan terus memproduksi Nevera, tetapi ‘model Bugatti yang dikembangkan bersama direncanakan untuk jangka panjang’. Sebagai bagian dari usaha patungan, Bugatti akan mendapatkan akses ke teknologi listrik perintis Rimac, yang menunjukkan bahwa penerus Chiron akan menjadi hypercar serba listrik.

"Ini adalah momen yang benar-benar menarik dalam sejarah singkat Rimac Automobili namun berkembang pesat. Kami telah melalui begitu banyak hal dalam waktu yang singkat, tetapi usaha baru ini membawa segalanya ke tingkat yang benar-benar baru," kata Mate Rimac.

"Rimac dan Bugatti adalah pasangan yang sempurna dalam hal apa yang kami bawa ke meja. Sebagai perusahaan otomotif dan teknologi yang muda, gesit dan bergerak cepat, kami telah memantapkan diri sebagai pelopor industri dalam teknologi listrik.

“Dengan Nevera, kami juga telah membuktikan bahwa kami dapat mengembangkan dan memproduksi hypercar yang luar biasa, yang tidak hanya cepat, tetapi juga menarik dan berkualitas tinggi. Bugatti, dengan lebih dari satu abad pengalaman dalam keunggulan teknik, juga memiliki salah satu warisan paling luar biasa dari perusahaan mobil mana pun dalam sejarah.

“Kami baru saja meluncurkan hypercar terbaru - Nevera - untuk pengakuan global. Jadi ada potensi dua merek luar biasa ini ketika menggabungkan pengetahuan, teknologi dan nilai untuk menciptakan beberapa yang benar-benar menjadi proyek khusus di masa depan."

Oliver Blume selaku Ketua Dewan Eksekutif di Porsche menambahkan: "Kami menggabungkan keahlian Bugatti yang kuat dalam bisnis hypercar dengan kekuatan inovatif Rimac yang luar biasa di bidang elektromobilitas yang sangat menjanjikan. Bugatti menyumbangkan merek yang kaya tradisi, produk ikonik, pelanggan setia basis pelanggan dan jaringan dealer global untuk usaha patungan. Selain teknologi, Rimac memberikan kontribusi pengembangan baru dan pendekatan organisasi." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bugatti,
#
rimac,
#
mobil listrik,
#
hypercar listrik,
#
nevera,
#
supercar listrik