MENU
icon label
image label
blacklogo

Bugatti Chiron Super Sport 300 Plus, Kecepatannya Melebihi 480 km/Jam

JUL 11, 2020@14:00 WIB | 333 Views

Bugatti mengejutkan dunia otomotif musim gugur yang lalu ketika versi baru Chiron yang dikembangkannya berhasil menembus pembatas 300 mph (482 km/jam), menjadikannya mobil produksi tercepat di dunia dengan selisih yang signifikan.

Kecepatan tertinggi resmi mobil ini adalah 304.773 mph (482,8 km/jam), atau hampir 30 mph (48 km/jam) lebih cepat dari rekor sebelumnya 277.9 mph (447,2 km/jam) yang ditetapkan oleh Koenigsegg Agera RS pada 2017 lalu.

New Bugatti ini disebut Chiron Super Sport 300+, dan 30 contoh diperuntukkan untuk produksi. Bugatti mulai menerima pesanan setelah pengungkapan di Frankfurt International Motor Show 2019, dan aman untuk mengasumsikan semua slot build terjual meskipun kita berbicara tentang mobil yang harganya hampir $ 4 juta (sekitar Rp 58 miliar).

Menjelang dimulainya pengiriman pelanggan akhir tahun ini, Bugatti akan membuat prototipe melalui beberapa pengujian akhir. Dua dari mereka baru-baru ini terlihat di Spanyol. Terlihat prototipe untuk Chiron Super Sport 300+ karena ujung knalpot yang ditumpuk, extended tail, dan desain fasia depan yang lebih agresif.

Tenaga Chiron berasal dari 8.0-liter quad-turbocharged W-16 yang sudah dikenal, meskipun outputnya telah diputar hingga 1.577 tenaga kuda, bukan standarnya 1.480-hp. Chiron Super Sport 300+ juga mengendarai set ban Michelin yang dipesan lebih dahulu dengan kecepatan 317 mph (494 km/jam).

Customer dari Chiron Super Sport 300+ akan berbeda dari mobil rekaman. Misalnya, mereka tidak akan menampilkan roll cage dan safety harness. Ketinggian mengemudi mereka juga akan lebih tinggi, dan mereka akan memiliki kursi penumpang depan yang di mobil rekaman digantikan oleh peralatan pencatatan data GPS dan perangkat keras lainnya.

Yang terpenting, kecepatan mobil juga terbatas karena alasan keamanan. Bugatti belum mengatakan apa batasnya tetapi kemungkinan akan lebih tinggi dari batas standar Chiron 261 mph (420 km/jam). Ada desas-desus Bugatti dapat memberikan pemilik dengan opsi untuk menghapus batas kecepatan untuk kunjungan resmi ke jalur uji coba Ehra-Lessien di Jerman, meskipun pembuat mobil belum mengomentari ini.

Bisakah kita melihat Chiron Super Sport 300+ mencapai kecepatan lebih cepat? Andy Wallace, yang mencetak rekor kecepatan, mengatakan mobil itu masih berakselerasi ketika dia akhirnya melepaskan gas. Perancang mobil juga merasa puas karena menjadi yang pertama untuk memecahkan 300 mph dan di masa depan akan fokus pada aspek performa lainnya.

Ada banyak orang lain yang ingin membangun mobil tercepat di dunia. Kandidat potensial termasuk Hennessey Venom F5 , Koenigsegg Jesko Absolut, dan SSC Tuatara. [ibd/timBX]

Tags :

#
bugatti chiron super sport 300,
#
bugatti,
#
chiron,
#
new bugatti