MENU
icon label
image label
blacklogo

Breaking Limits, Modifikasi Sportster 1460 cc oleh Builder AC Calella

MAR 14, 2019@20:00 WIB | 749 Views

Motor Bergaya Cafe Racer ini Menyabet Peringkat ke-5 AMD World Championship

Kompetisi modifikasi motor AMD World Championship yang setiap tahun di selenggarakan di Cologne, Jerman, awalnya bergulir dengan mempertahankan motor gaya chopper. Seiring berjalannya waktu keputusan tersebut berubah/ AMD telah menambahkan gaya modifikasi selain choppers, seperti café racer misalnya, sebagai kategori special. Dengan mempertahankan tradisi AMD, banyak modifikasi yang masuk ke kategori café racer dengan gaya aneh, namun setidaknya ada satu dua model yang cukup menarik untuk dikulik habis.

Seperti Harley Sportster yang dibangun oleh builder AC Calella Customs yang menyandang peringkat ke 5 tahun 2018 kemarin. AC Calella sendiri tercatat sebagai dealer Harley Davidson, perusahaan rental dan sekaligus builder. Keputusan masuk ke kompetisi AMD, menghabiskan waktu 12 bulan untuk membangun motor custom. AC Callela memilih mesin V-rod sebagai bagian dari line up HD, lebih tepatnya Harley Sportster 883 tahun 2003.

Tantangan membangun café racer, yang paling terlihat adalah bagaimana membuat frame utama. Basic Sporster dengan rear end yang membungkuk, cukup canggung untuk punggung pengemudi. AC Calella melakukan revisi desain dengan planning yang matang, dan pengaruhnya menggunakan suspense yang direvisi.  Disamping itu tema klasik yang diusung, memadukan gaya ring 16 inci untuk belakang dan ring 19 inci untuk ban depan.

Suspensi depannya menggunakan USD dari Suzuki GSXR dan clamp atas berbahan CNC serta stang jepit underyok. Suspensi belakangnya menggunakan Ohlins premium dipadukan dengan swing arm yang handmade, berbahan alumunium Kruger & Junginger yang reinforced. Posisi duduk dan riding yang bagus, sportster telah didesain sedemikian rupa dengan karakter handling sebagai motor sport. Hal ini dilakukan untuk mempertimbangkan terhadap kemampuan mesin.

Mesin Harley V-Twin 883cc yang dikesampingkan sebagai mesin berkinerja tinggi, sering diabaikan.  Dengan mempertahankan posisi mesin yang lurus, mesin bisa di-oprek dan dikonversi menjadi 1200 cc. Setelah melucuti semua pemasangan part dari pabrikan, sekaligus tuning mesin, kemudian kembali dirancang sesuai sketsa, dan itu pekerjaan yang rumit.

Mulai dari crankcases 883 yang dimodifikasi mulai dari  camshafts yang lebih besar, rods dan gearbox mengadopsi Andrews performance. Hasilnya kapasitas mesin naik menjadi 1460cc.  Sistem pengapian menggunakan koil Ultima, dan karburator menggunakan brand S&S Super E.

Terlepas dari gayanya yang tidak lazim,  termasuk penggunaan knalpot silang yang cukup cermat posisinya. Jadi pengendara tidak perlu khawatir hawa panas dari selonsong knalpot yang ekstrim ini.  Sistem pengereman depan mengadopsi dari GSXR dan system pengereman belakang dari Yamaha R1, cukup mampu menghentikan mesin 1400 cc ini.

Bagian pamungkas dari modifikasi AC Calella adalah bodywork yang cukup klasik namun dibuat kekinian. Berbahan fiberglass, desain yang cerdik, dan membuat frame menjadi flat adalah tugas berat. Ekor yang persegi segaris dengan tangki, serta kap lampu yang legendaris. Kombinasi warnanya antara putih, merah dan biru menjadi penanda mesin V-Rod yang cukup popular di negeri Paman Sam. Nama yang paling pas bagi Sportster bergaya café racer ini disematkan nama breaking limits. [Ahs/timBX/foto: berbagai sumber]

Tags :

#
ac calella,
#
modifikasi,
#
harley sportster 883,
#
cafe racer