MENU
icon label
image label
blacklogo

Banyak Peminat, Harga Toyota Camry di Markup Dealer di AS

JUN 11, 2024@15:13 WIB | 232 Views

Toyota Camry generasi terbaru telah resmi diperkenalkan secara global termasuk untuk pasar Amerika Serikat (AS). Ternyata, publik AS sangat menerima kehadiran Camry terbaru sehingga pemesanannya sangat banyak dan itu dimanfaatkan sejumlah dealer untuk di markup harganya.

Fenomena ini mulai terkuak setelah Carscoops melakukan investigasi jurnalisme ke berbagai dealer di AS untuk mencari fakta yang sebenarnya terjadi. Dan, ternyata hasilnya benar, media otomotif itu menjumpai praktik markup yang dilakukan oleh mayoritas dealer walaupun ada sebagian kecil yang tetap memberikan diskon.

Markup yang dilakukan pun nominalnya berbeda antara dealer, contohnya dealer bernama Toyota of Palo Alto yang diketahui melakukan kenaikan harga secara masif hingga 2.995 USD (Rp48,7 jutaan) pada tipe XSE AWD. Selain itu, ditempat yang sama juga menjual perlengkapan seperti mud flaps, kabel USB, dan bohlam LED dengan harga 25 USD (Rp407 ribuan).

Kalau harga markup tersebut sudah dianggap tinggi, coba lihat harga yang dinaikkan dealer  Hanless Hilltop Toyota. Dealer tersebut  yang melakukan markup secara ugal-ugalan dan gak ngotak dengan menaikkan harga hingga 4.995 USD (Rp81,3 jutaan) ditambah kunci roda dan pelindung tepi pintu senilia 570 USD (Rp9,2 jutaan). 

FYI, harga yang ditetapkan oleh pihak Toyota secara resmi untuk sedan elegan dan mewahnya ini per unitnya sebesar 39.492 USD (Rp643 jutaan). Ini artinya, konsumen di AS yang ingin membeli Toyota Camry terbaru harus mengeluarkan minimal sebesar 45.057 USD atau 733 juta Rupiah.

Investigasi Carscoops ini selain membuka praktik markup oleh sejumlah dealer bandel juga menyebut tetap ada dealer yang justru memberikan diskon. Salah satunya Wilde Toyota dari West Allis, Wisconsin, yang diketahui memberikan diskon 1.000 dollar AS (Rp16 jutaan) untuk Camry model terbaru tersebut. 

Markup harga tidak hanya dialami Toyota untuk model Camry tapi juga telah terjadi pada model Land Cruiser next-gen beberapa bulan lalu. Praktik ini juga terjadi pada jenama otomotif lainnya, seperti Dodge Challenger, Ford Mustang hingga Hyundai ioniq 5 N juga pernah mengalami kenaikan harga secara gila-gilaan. [wic/timBX]

Tags :

#
toyota camry,
#
camry,
#
toyota,
#
markup camry,
#
camry 2025

X