MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Rilis Sementara Spesifikasi i-Hydrogen Next

MAR 30, 2020@09:25 WIB | 102 Views

BMW merilis rincian teknis awal sistem penggerak dalam konsep i-Hydrogen Next yang dipresentasikan perusahaan di IAA 2019 untuk BMW X5. Pabrikan Jerman ini menyediakan beberapa data pada bahan bakar sel dan penggerak listrik.

BMW i-Hydrogen Next menggunakan sistem bahan bakar sel yang menghasilkan tenaga hingga 125 kW dari dua tangki bertekanan 700 bar yang menampung enam kilogram hidrogen. Bahan bakar sel ini terletak di kompartemen mesin, memanjang di bagian gardan. Tangki lain dipasang melintang di bawah kursi belakang, sementara motor listrik untuk penggerak roda belakang dipasang di bawah bagasi.

Riset BMW ini akan disahkan sebagai  penggerak listrik generasi kelima, yang akan digunakan untuk pertama kalinya tahun ini di BMW iX3. Total energy yang dihasilkan sebesar 275 kW. Jika motor listrik membutuhkan tenaga lebih dari 125 kW yang dapat disediakan oleh bahan bakar sel, tenaga tambahan akan mengalir dari baterai yang dipasang di atas motor listrik.

"Konverter listrik yang terletak di bawah bahan bakar sel, akan menyesuaikan tingkat tegangan dengan baik dari powertrain listrik dan baterai daya puncak, yang diumpankan oleh energi rem serta energi dari bahan bakar sel," kata Jürgen Guldner, Kepala BMW Proyek Teknologi dan Kendaraan Sel Bahan Bakar Hidrogen BMW.

BMW belum mengungkapkan berapa jarak tempuh yang didapat dengan penggerak hijau terbaru ini, namun setidaknya gambaran dari jumlah tenaga, setidaknya bisa mencakup hingga 500 km. Untuk mengembangkan teknologi penyimpanan energi ini, BMW berpartisipasi dalam proyek efisiensi penyimpanan hidrogen BRYSON (BauRaumeffiziente HYdrogenSpeicher Optimierter Nutzbarkeit) yaitu  proyek penelitian Universitas Teknik Munich dan Dresden, Leichtbauzentrum Sachsen dan WELA Handelsgesellschaft.

BMW juga akan melanjutkan kerja sama dengan Toyota Motor Corporation di bidang teknologi bahan bakar sel, yang sudah dimulai sejak tahun 2013. Toyota sudah meluncurkan generasi kedua teknologi bahan bakar sel di sedan Mirai-nya tahun ini dan sedang mengembangkan pengaplikasian teknologi bahan abkar sel ini untuk kendaraan komersial.

Dalam siaran pers bahasa Inggris mereka, BMW Group mengatakan mereka "tidak ragu dengan potensi jangka panjang dari sistem powertrain sel bahan bakar" tetapi itu juga akan "beberapa waktu sebelum perusahaan menawarkan pelanggannya sebuah mobil produksi yang didukung oleh bahan bakar hidrogen teknologi sel. 

“Dalam pandangan kami, hidrogen sebagai pembawa energi pertama-tama harus diproduksi dalam jumlah yang cukup dan dengan harga kompetitif. Hidrogen kemudian digunakan terutama dalam aplikasi yang tidak dapat secara langsung dialiri listrik, seperti transportasi jarak jauh, ”kata Klaus Fröhlich, Kepala Pengembangan.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
bmw,
#
i-hydrogen next,
#
powertrain