MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Rilis Mobil Formula E iFE 2.0 untuk Tim Andretti Motorsports

OCT 16, 2019@18:00 WIB | 123 Views

BMW meluncurkan mobil balap Formula E terbarunya, iFE.20 all electric yang dikampanyekan oleh tim Andretti Motorsports, untuk musim balap 2020. Kehadiran tim BWM akan menjadi musim yang kedua untuk keikutsertaan BMW di Formula E.

Setiap peserta Formula E telah dipastikan menggunakan sasis spek dan paket aerodinamika, sesuai rules. Dan itu tentunya tidak menyisakan imajinasi liar, selain apa yang ditampilkan iFE2.0 dengan liverinya.  Dan iFE2.0 akan mengalami sesi shakedown pada bulan April 2020 mendatang. Dan seperti yang kita ketahui, Jakarta bakal menjadi tuan rumah dari Formula E yang akan digelar pada 6 Juni 2020.

BMW bakal menggunakan warna dasar biru dengan dominasi putih, dengan sentuhan ungu pada monoshok dan pada sektor aerodinamika mengkombinasikan warna putih dan hitam. Selain itu, BMW dipastikan menggunakan baterai khusus yang sama dengan tim lain, diluar itu sistem pendingin, frame depan dan suspensi belakang, dampers, software, perkabelan, elektronika, dan mesin yang menggerakkan roda belakang, dikembangkan oleh Andretti Motorsports hanya dalam sebuah trivia, bukan sebuah versi balapnya.

Sebuah video diatas Kepala Desain BMW Motorsports Michael Scully dan sang pembalap Alexander Sims dan pendatang Maximllian Guther. Data menjelaskan dimensi iFE2.0 dengan panjang 203,1 inci, lebar 69,7 inci dan tinggi 41,2 inci. Berat totalnya hanya 900kg, namun menghasilkan tenaga hingga 335 hp. Secara rasio power to weight memang tidak seberapa, namun akselerasi dari diam ke 98 kpj hanya 2,8 detik loh dan itu catatan kertasnya.

BMW akan terlibat secara langsung dengan tim balap Andretti Motorsports dalam hal pengembangannya. Dan itu memungkinkan engineer bekerja secara menyeluruh mengembangkan mobil balap yang kompetitif.

"Kami akan terus menggunakan Formula E sebagai platform untuk selalu menghasilkan inovasi dalam mobilitas elektrik, otonom dan bidang pemutakhiran Grup BMW kepada masyarakat umum," kata Jens Marquardt, Direktur BMW Group Motorsport.

BMW jelas harus melihat persaingan antara Mercedes Benz dan Porsche untuk pertama kalinya di musim ini. Gabungan tim pabrikan selain itu Audi, Jaguar dan Nissan. Begitu juga dengan DS, Mahindra, Nio Penske dan Venturi juga memastikan kemitraan dengan powertrain dari pabrikan. Gelaran Formula E 2019-2020 akan mulai November 22-23 di Ad Diriyah e-Prix Saudi Arabia.  [Ahs/timBX]

Tags :

#
bmw,
#
formula e,
#
bmw ife20,
#
andretti motorsports,
#
jens marquardt,
#
michael scully,
#
alexander sims,
#
maximllian guther