MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Klaim Telah Membuat Sasis dari Carbon Composites dengan Cepat dan Terjangkau

APR 05, 2018@21:00 WIB | 105 Views

BMW mengklaim telah mengembangkan proses pembuatan sasis berbahan karbon yang cepat dan murah.  Penggunaan carbon fiber menarik sebagian minat orang untuk menambah gaya dan tampilan motor seseorang. Apalagi kekuatannya lebih dan lebih ringan dari sebelumnya.

Beberapa motor yang telah menerapkan teknologi carbon fiber pada body work atau pada full carbon frame  seperti yang diterapkan pada BMW HP4 Race dan Ducati 1299 Superleggera. Penggunaan serat karbon telah merambah ke suspense. Setelah sebelumnya  penggunaannya untuk velg, rem dan swingarms yang cukup memangkas berat sebuah motor.

Penggunaan serat karbon pada suspense memberi reaksi lebih cepat, dan meningkatkan handling sebuah motor yang dapat dirasakan oleh seorang pemula sekalipun.  Hal itulah yang menjadi berita cukup bagus, dimana BMW baru saja mendapatkan JEC Innovation Award 2018, untuk kategori Leisure dan Sports Category.  BMW diganjar penghargaan atas penggunaan swingarm pada HP4 Race di 2017.

Saat ini perusahaan telah mengembangkan teknologi carbon composites (CFP)  yang telah mampu diproduksi secara murah menggunakan proses yang efisien. Elmar Jager, Project Manager BMW  menjelaskan kemajuan perusahaannya,”Teknik produksi menggunakan CFP dalam bentuk fiber berkekuatan tinggi saat pencetakan. Sementara part injection dengan daur ulang CFP digunakan untuk menurunkan biaya produksi. Teknologi ini lebih dahulu berkembang pada motor, selanjutnya akan dikembangkan pada mobil secara tepat,” tuturnya.

Teknik baru tersebut telah menempatkan semua struktur pada menu carbon composites. BMW mengklaim, pembuatan part dapat dikerjakan dengan waktu kurang dari 1 menit. Kemudian diperkuat dengan panel CFP jika diperlukan, atau dengan menggunakan thermoplastically yang digunakan oleh robot pengelasan.

Swingarm kedua telah berhasil dicetak lebih kecil dan tipis, dengan central monoshock. Dan perkiraannya  akan muat digunakan di seri G310. Tetapi belum ada pembicaraan swing arm tersebut sudah bisa muncul di aftermarket atau belum dalam waktu dekat. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
bmw,
#
carbon composites,
#
sasis,
#
jec innovation award 2018,
#
cfp