MENU
icon label
image label
blacklogo

Black Drag Bike 2023 Sidoarjo Diikuti Pembalap Seeded dan Pemula Jawa Timur

AUG 04, 2023@15:00 WIB | 625 Views

Black Drag Bike menjadi sebuah event sport sekaligus entertainment dengan mempertandingkan kelas-kelas drag bergengsi yang dianjurkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Selain balap siang hari juga dilakukan balap malam hari, dengan tribun peserta, defile, entertainment dan food truck. Sebagai seri pertama di tahun 2023 ini, Black Drag Black 2023 Sidoarjo menjadi dambaan pelaku industri modifikasi motor drag di jalur prestasi. 

Perkembangan data peserta Black Drag Bike 2023 yang diselenggarakan di Blackstone Otomotif Superblock Sidoarjo Surabaya. Pada hari Jumat 4 Agustus 2023 peserta yang telah mendaftarkan dan menyelesaikan administrasi boleh melakukan free practice yang dijadwalkan dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Pilihan sirkuit yang permanen membuat panitia dan peserta lebih nyaman. Disini lokasi jauh dari pemukiman warga, dan tidak mengganggu kehidupan warga sekitar walapun balapan digelar hingga malam hari. 

Sementara perkembangan peserta yang mendaftar secara online sudah mencapai 100 peserta.Sampai malam ini ada sekitar 50 peserta yang mendaftar secara offline ke panitia Black Drag Bike 2023. Dari daftar pembalap yang masuk di direktori panitia, memang didominasi pembalap Jawa Timur, sisanya ada dari pembalap dari Jawa Tengah. Black Drag Bike 2023 ditargetkan terkumpul 600 starter (dragster). 
 

"Kami masih membuka kesempatan pendaftaran sampai besok pagi. Pasalnya kebiasaan beberapa tim drag bike datang saat sebelum acara dimulai, kami tetap layani. Data yang masuk ke kami adalah registrasi nama pembalap yang tidak mengatasnamakan timnya. Namun bisa kami ketahui nama-nama pembalap berstatus seeded yang sudah mendaftar, sebut saja Gery Percil, Alvan Cebonk dan nama existing dari dragster seeded akan turun di Black Drag Bike 2023 Sidoarjo."

Secara evaluasi pembalap dan tim dari Jawa Timur cukup antusias dalam Black Drag Bike 2023. Beberapa tim dari Jawa Tengah seperti Yogyakarta juga dalam perjalanan ke venue Black Drag Bike 2023 di sirkuit Blackstone, Sidoarjo, Surabaya.

"Ada 22 dua kelas yang kami persiapkan, dan nama setiap kelasnya berdasarkan apa yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia. Misal hari ini ada peserta yang meminta kelas bracket 7,5 detik dengan jumlah 20 slot terpenuhi, maka bisa diadakan tersebut, jika kurang dari itu COC yang bakal menentukan," ungkap Ivan Harry Event Director Black Drag Bike 2023. 

Salah satu contohnya adalah kelas Herex DOHC dan Non DOHC 300 serta FIZR 125cc menjadi contoh dua kelas yang didesain untuk Black Drag Bike 2023 di Jawa Timur. Beda dengan kelas tambahan yang bakal diselenggarkan di Sirkuit Mijen, Semarang pada 9 September 2023 nanti.

"Kami menunggu respon dari pembalap. Bila bagus, itu bakal menjadi evaluasi dari Genta Auto Sports untuk menambah seri diluar Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sangat mungkin Black Drag Bike bisa masuk ke Kejurnas, dan seri demi seri harus dipersiapkan, minimal penyelenggaraannya seperti di Thailand, balap malam, tribun penonton, entertainment DJ, dan Food Truck," jelas Ivan Harry Event Director Black Drag Bike 2023. 

Tommy Wijanarko, selalu Pimpinan Perlombaan atau Clerk of the Course (CoC) Black Drag Bike memandang potensi kelas drag bisa dibuka lebih banyak.  

"Kelas Herex yang berbasis motor GL series melawan yamaha Vixion yang cukup ekstrim, maka cara saya mentandemkan mereka adalah di kelas FFA Sport 350cc. Jadi regulasi kelas selalu bisa berkembang mengikuti permintaan dragster," ungkap bro Tommy kepada tim Blackxperience.com.

Cara pandang yang sama adalah dengan bagaimana dengan tren motor listrik yang sudah dimodifikasi cukup kencang. Maka menurut dirinya kelas yang sesuai bisa masuk ke kelas sunmory atau kelas bracket yang memang diisi dengan multiple brand. 

"Nah, kalau pesertanya memang banyak dari motor listrik, ya cukup fleksible dengan membuat kelas khusus, jika jumlah peserta memenuhi minimal 5 pembalap. Konsekuensinya mereka yang naik podium hanya menerima piala dari panitia, tidak ada hadiah," tandasnya.

Rumusnya bila terisi slot 16 pembalap maka ada 5 podium buat pemenang. Untuk slot 12-15 pembalap maka ada 3 podium buat pemenang dan slot untuk 8-11 pembalap maka hanya ada 1 podium buat pemenang. 

"Jika peserta kurang dari jumlah tersebut, panitia lomba dalam hal ini Pimpinan Perlombaan harus mempunyai inisiatif memanggil para pembalap, karena kelas tersebut tidak mencukupi. Namun bisa saja tetap berlangsung, tanpa hadiah dari pantia," jelas bro Tommy.

Ketegasan dari Pemimpin Lomba (CoC) dengan memberikan nomor pada setiap urutan secara pasti. Demi menjaga ketertiban selama pelaksanaan kelas lomba. 

"Peserta tidak harus bolak-balik ke steward untuk bertanya kapan kelas lomba dimulai, karena itu tidak efektif. Dengan jadwal yang sudah paten dengan kode kelas masing-masing, peserta dari luar kota misalnya bisa mempertimbangkan waktu perjalanan mereka menuju ke venue Black Drag Bike," terang bro Tommy, COC Black Drag Bike.

Selamat bertanding para dragster, jaga terus sportivitas dan tingkatkan terus prestasi untuk mengharumkan nama Indonesia dan memajukan industri sport di Indonesia.[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
black drag bike 2023,
#
sport entertainment,
#
genta auto sports,
#
blackstone otomotif superblock,
#
drag bike sidoarjo