MENU
icon label
image label
blacklogo

Bisakah Kita Mengemudi Tanpa Teknologi Modern?

JUL 21, 2020@10:15 WIB | 196 Views

Jika mengingat masa-masa sebelum era smartphone, apa yang pernah kita lakukan saat menunggu dalam antrean tanpa mengecek ponsel dalam genggaman? Hal yang sama dapat dikatakan tentang mengemudi tanpa kontrol traksi, navigasi, dan perintah suara.

Kedengarannya memang aneh, tetapi begitu banyak dari kita yang bergantung pada fitur-fitur ini dan yang jadi pertanyaan adalah: bisakah kita mengemudi tanpa teknologi keselamatan modern?

Deteksi blind-spot, kamera cadangan, parking assist, lane assist, cruise control adaptif, dan collision warnings dirancang untuk menambah keselamatan dan kenyamanan pengalaman berkendara.

Namun, ini digunakan sebagai pembimbing sementara orang-orang hanya memperhatikan jalan yang ada di depan. Semuanya relatif baru, namun itu sudah menjadi norma kecuali Anda mengendarai mobil dari milenium sebelumnya.

Beberapa hal seperti sistem rear seat alert milik Nissan sekarang memperingatkan Anda untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda tidak meninggalkan barang-barang seperti bahan makanan, atau anak-anak, terkunci didalam mobil yang memiliki suhu panas.

Kendaraan yang lebih tua tidak akan memberi tahu Anda bahwa tanggung jawab penuh dibebankan kepada Anda tanpa jaring pengaman yang dibantu komputer. Dan banyak yang akan berpendapat bahwa memang seharusnya begitu.

Rasa khawatir bisa menjadi sangat nyata ketika Anda melihat-lihat mobil modern berbagi jalan dan tidak melihat apa pun kecuali dahi menghadap ke bawah pada layar, bukan jalan. Ini membuat Anda bertanya-tanya berapa banyak pengemudi modern yang akan mengalami kecelakaan jika mereka tiba-tiba tidak memiliki semua teknologi keselamatan aktif seperti zaman modern ini. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
nissan,
#
navigasi,
#
teknologi modern