MENU
icon label
image label
blacklogo

Big 4 Otomotif Jepang Bergabung Untuk Buat Perusahaan Swappable Battery

APR 01, 2022@18:00 WIB | 209 Views

Beberapa pabrikan mobil dan sepeda motor ternama di Jepang sepakat untuk membentuk perusahaan baru bernama Gachaco, untuk menyediakan layanan berbagi swappable battery untuk sepeda motor listrik. 

Perusahaan-perusahaan yang bergabung, antara lain adalah Eneos Holdings, Honda Motor, Kawasaki Motors, Suzuki Motor dan Yamaha Motor. Eneos akan membangun platform BaaS (Battery as a Service) baik untuk mobilitas listrik dan sistem daur ulang baterai lainnya. 

Honda, Kawasaki Motors, Suzuki dan Yamaha Motor telah menyepakati spesifikasi umum swappable battery untuk sepeda motor listrik dan sedang mempelajari pembentukan sistem ini untuk mendorong penggunaan sepeda motor listrik sebagai mobilitas yang “ramah lingkungan dan sangat nyaman”.

Gachaco sendiri diperkirakan akan meluncurkan layanan ini dengan menggunakan Honda Mobile Power Pack e:, yang memenuhi standar umum untuk sepeda motor listrik, pada musim gugur (September-November) 2022, dimulai dari Tokyo dan kota-kota besar lainnya di Jepang. Stasiun pertukaran baterai akan berlokasi di tempat umum seperti stasiun kereta api dan di stasiun layanan Eneos.

Gachaco juga akan mempromosikan penggunaan baterai swappable standar untuk aplikasi lain, seperti baterai penyimpanan yang dipasang di fasilitas komersial dan rumah pribadi. Baterai yang sudah memasuki akhir masa pakai dari layanan berbagi Gachaco akan dikumpulkan untuk penggunaan sekunder dan tersier, dan daur ulang. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
yamaha,
#
kawasaki,
#
honda,
#
suzuki,
#
eneos,
#
swappable battery