MENU
icon label
image label
blacklogo

Bersih dan Terawat! Mesin 2,0 TDI dengan Standar Emisi Euro 6D Baru

DEC 18, 2020@11:00 WIB | 191 Views

Bersih dan mulus - 2.0 TDI, mesin diesel terpenting Volkswagen kini dalam performa terbaiknya. Berkat teknologi dosis ganda yang canggih dalam sistem pembuangan gas (knalpot), ia mengurangi batas standar emisi Euro 6d sekaligus berjalan dengan tenang dan mulus.

“Mesin TDI dua liter tetap menjadi salah satu mesin terpenting kami,” kata Dr Frank Welsch, Anggota Dewan Manajemen yang bertanggung jawab untuk Pengembangan Teknis di Volkswagen. “Ini dapat ditemukan di sebagian besar model merek dan di banyak model Grup. Untuk alasan ini, kami berusaha keras untuk secara konsisten memperbarui mesin diesel kami yang sukses. Dalam versi standar emisi Euro 6d, sekarang siap untuk tahun-tahun mendatang.”

Dari EA 288 hingga EA 288 evo.  Mesin TDI empat silinder dengan sebutan internal EA 288 memulai debutnya pada tahun 2012. Enam tahun kemudian, ia mengambil langkah pengembangan yang sangat besar ke depan, dan oleh karena itu diberi akhiran "evo". Secara praktis, ini berarti konsumsi yang berkurang, emisi yang lebih rendah, suara yang lebih tenang, respons yang lebih spontan, serta output dan torsi yang jauh lebih besar. Mesin juga disiapkan untuk diintegrasikan ke dalam sistem hybrid ringan.

Status teknologi baru untuk Golf 8. Pada musim panas 2019, teknologi mesin diesel dua liter diperbarui lebih lanjut untuk Golf baru. Untuk ini, varian dengan output lebih rendah menggantikan 1.6 TDI sebelumnya. Spesifikasi menetapkan bahwa mesin harus memenuhi standar emisi Euro 6 AP dan pada saat yang sama juga bekerja lebih mulus. Volkswagen memilih strategi ganda: langkah-langkah terperinci mengoptimalkan proses pembakaran dan mengurangi emisi mentah, sementara teknologi dosis ganda dalam sistem pembuangan gas mengubah sebagian besar nitrogen oksida menjadi zat yang tidak berbahaya.

Kinerja radiator untuk sistem resirkulasi pembuangan gas bertekanan rendah telah ditingkatkan sebesar 25% sehingga mengurangi pembentukan nitrogen oksida di ruang bakar dalam fase beban tinggi saat pengemudi menginjak gas. Injektor, yang menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar, beroperasi dengan presisi tinggi secara konstan karena sebuah sensor memantau jarum. Injektor dapat mengirimkan hingga sembilan injeksi per siklus pembakaran. Tekanan injeksi maksimum hingga 2.200 bar - hampir sama dengan berat dua mobil Golf standar dalam satu sentimeter persegi. Insulasi busa di bawah panel penutup mesin dan peredam suara baru meningkatkan akustik. Seperti sebelumnya, 2.0 TDI di tahap keluaran dari 110 kW (150 PS) memiliki dua poros keseimbangan untuk menghilangkan getaran yang tidak diinginkan.

Dua konverter katalitik SCR untuk pembuangan gas bersih.  Volkswagen mengembangkan teknologi dosis ganda untuk perawatan pembuangan gas. Di sini, dua konverter katalitik SCR bekerja sama untuk memisahkan nitrogen oksida menjadi air dan nitrogen menggunakan larutan urea AdBlue. Berkat dosis ganda, emisi dari kedua varian keluaran Golf 2.0 TDI baru, misalnya, jauh di bawah batas standar emisi Euro 6d ISC-FCM AP, yang sekarang hanya mengizinkan 80 miligram NOx  per kilometer. Volkswagen menetapkan nilai rendah ini sebagai targetnya dalam uji Real Driving Emissions (RDE) - ini setara dengan pengurangan 50% dalam nitrogen oksida dibandingkan dengan suhu standar Euro 6d sebelumnya.

Konverter katalitik SCR pertama dipasang langsung di bagian hilir mesin. Ini memiliki volume 3,4 liter dan secara bersamaan bertindak sebagai filter partikulat. Tugasnya adalah mengubah lebih dari 90 persen nitrogen oksida ketika suhu pembuangan gas antara 220 dan 350 derajat Celcius dan kendaraan dikendarai secara normal. Berkat kedekatannya dengan mesin, lampu sudah mati tak lama setelah start dingin. Konverter katalitik SCR kedua dipasang di lantai kendaraan. Ini fitur desain dua bagian dan tergantung pada konsep kendaraan, memiliki volume 2,5 hingga 3,0 liter. Konverter katalitik yang dipasang jauh dari mesin melakukan bagian utama konversi nitrogen oksida khususnya pada beban tinggi dan suhu pembuangan gas yang tinggi. Pembuangan gas,yang dapat memiliki suhu lebih dari 500 derajat Celcius saat mesin dimatikan, telah mendingin hingga sekitar 350 derajat Celcius saat mencapai komponen ini - dan ini sekali lagi memungkinkan tingkat konversi yang tinggi.

Widespread di Volkswagen.  2.0 TDI dengan teknologi takaran ganda bersih sudah mendukung banyak model merek, termasuk di seri model Golf, Tiguan, Passat dan Arteon. Ini juga banyak digunakan pada merek Grup lainnya, dengan pemasangan melintang dan membujur. Volkswagen terus bekerja secara intensif untuk mengembangkan lebih lanjut mesin dieselnya yang sukses: satu tujuannya adalah pengoperasian yang dikombinasikan dengan sistem hybrid ringan 48 volt. [mhd/asl/timBX] Berbagai sumber

Tags :

#
mesin diesel,
#
mesin diesel volkswagen,
#
standar emisi euro 6d,
#
mesin tdi,
#
volkswagen