MENU
icon label
image label
blacklogo

Berjantung Honda S2000, BMW E30 'Mas Boy' Berpeforma Gahar

JAN 26, 2022@19:00 WIB | 335 Views

Melihat BMW E30 satu ini, tentu di Indonesia kerap disebut ‘Mas Boy’ berkat sebuah serial film yang meluncur diera medio tahun 1990an. Yups, sedan pabrikan asal Jerman satu ini memang memiliki pesona yang long lasting alias enggak pernah pudar. Terbukti sebuah BMW E30 yang kami bahas kali ini tampil kece dan gahar dengan modifikasi totalitas mulai dari eksterior, interior sampai jeroan mesin.

BMW 318i E30 lansiran tahun 1985 ini dibuat khusus oleh sang pemilik bernama Faruk Kugay, seorang drifter profesional yang juga pemilik DevSpeed Motorsports. Dimulai dari eksterior, BMW Seri 3 ini tampil gemuk dengan terpasang bodykit dan wide body Pandem plus spoiler belakang milik BMW E30 versi M3 plus sentuhan karbon kevlar bergaya DTM. 

Sementara, kaki-kaki BMW E30 berkelir putih ini pun diperkokoh dengan velg Rotiform IGS berukuran 17 inchi dibalut ban semi slick yang terlihat melebar dengan fitment tersentuh chamber. Beralih dari eksterior, sesuatu dibalik kap mesin pun bikin mencengangkan yang ternyata tak lagi bermesin standart. Tak main-main, mesin orisinal mobil pun dipensiunkan diganti dengan mesin F20C VTEC 2000cc yang dicangkok langsung dari Honda S2000.

Belum puas, Kugay pun tak membiarkan mesin 2000cc naturally aspirated itu standart dengan memasang system udara dan knalpot custom anti karat berlabel Borla Performance. Terbukti, ide nakal mengganti dan custom sektor mesin ini menjadikan BMW E30 ini memilik output tenaga hingga 240 HP. Sementara mengimbangi performa mesin yang sangar tersebut, system pengereman BMW E36 M3 pun dipercaya menggantikan system pengereman bawaan mobil.

Modifikasi totalitas, Kugay pun merombak kabin sedan lawas miliknya ini dengan memasang berbagai part dan aksesori Momo mulai dari steer, dan dua jok bucket. Tak lupa dibagian kabin belakang pun terpasang full rollbar untuk menunjang system safety mobil berdarah racing ini. [azi/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw e30,
#
honda s2000