MENU
icon label
image label
blacklogo

Benelli Dipercaya Produksi Motor Harley Davidson 338cc, 39 HP untuk Market Asia

JAN 18, 2020@10:45 WIB | 143 Views

Sejak terpuruknya market Harley Davidson (HD) di market Asia. HD merencanakan kembali strategic plan untuk kembali masuk ke market Asia, melalui downsizing dapur pacu mesin mereka. HD bakal menggandeng Benelli, untuk memproduksi motor 338cc, yang sesuai dengan pasar Asia, dan berita kolaborasi ini diendus oleh media melalui situs imotorbike.my.

Beberapa tahun terakhir, HD mencoba mengotak-atik strategi masuk ke pasar Asia, terutama sejak tagline “Harley’s More Roads to Harley Davidson” diproklamirkan di tahun 2017. Hal ini menjadi alasan Harley kembali pada jalur yang cukup berbeda, dengan kehadiran motor 338cc, tentu dengan cara ekskusi yang berbeda pula.

Qianjiang, sebagai produsen motor Cina sekaligus pemilik brand Benelli telah memulai strategic partnership di tahun 2019.  Tentu saja goalsnya menghasilkan motor dengan kubikasi mesin lebih kecil.  Berita tersebut tertuang dalam rencana produksi Benelli tahun 2020. Rencananya HD338 bakal diproduksi sekitar bulan Juni 2020.

Namun kepastian menggunakan mesin apa belum jelas. Lebih pada rumor, bahwa mesin 338cc lebih dekat dengan Benelli 302s. Itu berarti mesin HD338 kemungkinan besar bakal menggunakan mesin twin parallel 300cc. Mesin Benelli 302s  bakal menyemburkan tenaga hingga 39 hp pada putaran 11.500 rpm dan torsi puncak 26,5 Nm di putaran mesin 10.000 rpm.  Tidak menyerah disitu, HD kemungkinan juga bakal memasok suspense khusus, bodywork dan kemungkinan peningkatan dan penyempurnaan tenaga mesin.

Kalau benar desain yang ditawarkan seperti pada gambar, secara desain mendekati gaya HD Livewire yang full electric.  Itu diluar kesalahan ketika HD LiveWire diberhentikan produksinya karena kapasitas charging DC yang tidak mampu mengisi cepat seperti yang dilakukan di stasion charging pada level 3. Kemampuannya mengisi baterai di rumah di level 1.

Lantas siapa market Asia yang dituju? Kemungkinan besar wilayah Cina, Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina, Malaysia, Jepang, India dan Australia diperkirakan mendapatkan sebaran produknya pada tahun 2020.  Jika berharap pada bocoran list diatas, cukup disayangkan bila hanya sebatas itu. Market bakal menunggu bagaimana sepak terjang HD featuring Benelli melahirkan sebuah baby HD. Jika market menyambut baik, tentu itu bakal cukup terjangkau, dan merek HD semakin banyuak berkeliaran di kawasan Asia. Semoga.[Ahs/timBX]

Tags :

#
benelli,
#
harley davidson,
#
hd 338cc