MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Desain All New Nissan 400Z ala Seniman Digital Adan Lopez

MAY 29, 2020@17:30 WIB | 139 Views

Nissan tidak membiarkan dirinya terjerembab dalam kubangan krisis, tanpa perlawanan dan tanpa produk yang benar-benar membuat pecinta JDM teriak seraya memberi applause. Sejumlah krisis mulai dari Carlos Ghosn dan Covid-19 membuat Nissan memangkas biaya sebesar USD2,8 miliar dari operasional tahunan.  Bagaimana Nissan bangkit, mungkin ini salah satu jalan kecil minimal menghadang laju brand-brand papan kanal super car.

Sebelumnya laba Nissan tergerus tiga tahun, sejak aliansi Renault Mitsubishi, tidak memberikan fungsi seperti ekspektasi. Kemungkinan  bila kondisi ini terus terjadi, tidak mengejutkan bila Nissan nanti terjadi pengumuman bila laba operasional menjadi terendah dalam 11 tahun.

Upaya pendekatan produk menjadi satu-satunya jalan menekan laba yang tergerus. Seperti kehadiran 370Z sebagai contoh utama bagaimana para petrolheads tertarik dengan desainnya yang menarik. Sebelas tahun melenggang 370Z atau dikenal dengan fairlady sudah 11 tahun melenggang, dengan harga USD30.090 belum dengan ongkos kirim. Bagaimana dengan Chevy Camaro dengan V6 3,6 liter dipatok harga lebih rendah USD28.090, atau V8 dengan smallbloack di harga USD34.995.

Nissan mempersiapkan penerus Z dengan codename Z35, dan penerus 370Z di Jepang bakal menyematkan nama 400Z, sebagaimana rumor yang beredar. Berbekal platform baru, harapannya lebih nyaman saat dikendarai. Mengnunakan FM Platform, bisa meninggalkan mesin N/A dan menyerap mesin V6 twin turbo dari Infinity Q50, dan Q60.

Sang legenda Datsun 240Z menjadi inspirasi utama, bagaimana generasi Z diteruskan, termasuk Nissan 400Z. Sebelum membahas ke teaser All New 400Z Sportscar, ada baiknya kami perkenalkan karya rendering Adan Lopez, yang membangun pixel demi pixel sosok 400Z, dengan desain lebih aerodinamis, saat Fairlady dirasa mulai menua.

Bagian fascia depan memang masih terinspirasi gaya GTR R-35, sisi sampingnya mengisyaratkan 370Z dan 350Z. Dengan fender belakang lebih lebar, dan lampu belakang bergaya boomerang di kedua sisi. Sepertinya ruang bagasi cukup lebar,  dan dual exhaust yang keluar melalui bumper belakang.

Sektor interior dilengkapi instrumen digital, sistem infotainment di dashboard dengan data digital, dilengkapi dengan climate control. Cukup mengejutkan bila All New 400Z dibuat dengan tuas transmisi manual. Nissan kemungkinan bakal meminjam mesin V6 twin turbo dari Infinity. Jika rendering ini berhasil menyamai siluet Nissan 400Z seperti di teaser, itu berarti bakal head to head dengan GR Supra dan BMW Z4.[Ahs/timBX]

Tags :

#
all new nissan 400z,
#
fairlady 400z,
#
nissan sportscar,
#
nissan z,
#
datsun 240z