MENU
icon label
image label
blacklogo

Bedah Teknologi Honda CBR250RR SP QS Bagian-2

JAN 06, 2021@17:49 WIB | 297 Views

Honda CBR250RR SP/QS 2020 seperti yang kami bahas sebelumnya teknologi quickshifter, melengkapi beberapa fitur terbaru seperti engine plus frame dan elektrikal yang baru. Sementara bagaimana memfungsikan Quickshifter tersebut?  Pertama dengan menekan tombol mode, disamping kiri stang. 

Sebelumnya BlackPals,  harus mulai dari memutar kontak ON. Tekan dan tahan kembali tombol MODE di kiri, dan lihat pada panel instrument, sampai terlihat indikator Quick Shifter berkedip. Seperti yang telah diulas,  fitur Quick Shifter bisa diaktifkan dalam untuk up and down, atau hanya up atau down saja.  Tinggal disingkronisasikan dengan tampilan. Setelah sesuai dengan keinginan BlackPals,  akhiri pengaturan dengan menekan dan menahan tombol Mode, serta memutar kontak ke posisi OFF.

"Lakukan saat menekan tombol MODE saat posisi transmisi yang netral. Nyalakan mesin  dalam kondisi idling, saat indikator QS ON menyala, itu menandakan inisialisasi berhasil.  Bisa difungsikan saat kecepatan mesin lebih dari 1500 prm. Namun tidak berfungsi saat throttle gas tidak diputar, atau saat menarik handling kopling, " jelas Wahyu dari Instruktur Technical Service Function Wahana Motor.

Tenaga yang besar 40 Hp membuat pertimbangan teknis, dengan menambahkan panjang suspensi sekitar 5 mm, dari 741,5mm menjadi 746,mm. "Tujuannya  untuk menjaga posisi  riding tetap stabil karena damping force yang meningkat. Peningkatan front fork lebih tinggi, diimbangi dengan tingkat kekerasan suspensi meningkat 10%, berfungsi meningkatkan motor bisa berhenti tepat saat pengereman karena tenaga dan torsi lebih besar," cetus Wahyu.  

Sektor suspensi belakang didukung dengan Pro-Link dengan 5 adapter adjustable.  Sementara pir ulir lebih keras 10%, difungsikan untuk menahan beban saat berakselerasi.  CBR250RR SP/SQ telah dibekali dengan saluran udara baru yang dirancang guna mengurangi hambatan aliran karena asupan udara yang cukup baik. Didukung dengan funnel, berbentuk ventury type serta filter yang berbentuk foaming. "Asupan udara yang lebih besar, dan disalurkan ke ruang bakar, membawa tenaga lebih saat diputaran tinggi maupun rendah," ujarnya.

Instrument Dashboard sudah dilengkapi dengan LCD yang informatif, komplit, serta disertai dengan pengaturan tingkat pencahayaan untuk kenyamanan pengendara. Sementara bobot terkurasi 1 kg, berkat beberapa kali peningkatan bahan mulai dari  swing arm alumunium, suspensi USD, berat terkurasi menjadi 168 kg bila dibandingkan CBR250RR Tahun 2016. [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
honda cbr250rr sp 2020,
#
honda cbr250rr sp qs,
#
teknologi cbr250rr 2020