MENU
icon label
image label
blacklogo

Beberapa Unit Mercedes GLE Terbaru Terkena Recall, Ini Penyebabnya

DEC 11, 2023@16:00 WIB | 263 Views

Kabar kurang sedap datang dari brand premium Jerman, Mercedes-Benz. Salah satu produk SUV mereka, GLE baru-baru ini terkena recall yang cukup serius di Amerika Serikat. Recall terpaksa dilakukan karena sistem Kontrol Stabilitas mobil ini yang mengalami malfungsi yang cukup serius.

Melansir Carscoops, Jumat (8/12/2023), Mercy GLE yang terkena recall ini semuanya merupakan varian GLE 450e. Total ada 2.797 unit Mercy GLE 450e produksi antara 6 Januari hingga 27 Oktober 2023 yang semuanya merupakan rakitan Amerika Serikat.

Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional AS atau NHTSA menyebut masalah berawal dari sistem Kontrol Stabilitas atau ESP mobil ini yang bermasalah. Mereka menyebut, ketika mobil berjalan di cuaca hujan, sistem ESP mobil ini sering salah menginput sistem kendali mobil, terutama di area pengereman.

Akibatnya, sistem ESP yang sejatinya membuat mobil mudah dikendalikan malah menjadi sumber masalah baru. Sehingga dikhawatirkan kecelakaan akan sulit terhindar, terutama ketika jalanan licin dan mobil menjadi tidak stabil.

Masalah ini sejatinya sudah muncul sejak Februari 2022 pada unit yang beredar di luar AS. Namun baru kali ini, mobil GLE 450e yang beredar di AS mendapatkan masalah tersebut. Hal ini membuat kemungkinan ada tambahan unit mobil yang terdampak di belahan dunia lainnya menjadi lebih besar.

Mercedes-Benz sendiri sudah mulai melakukan proses recall hingga 30 Januari 2024. Nantinya pihak Mercy akan mengganti modul ESP dengan modul terbaru dan sudah melalui standar pengujian komputer yang lebih akurat. [edo/timBX]

Tags :

#
mercedes-benz,
#
gle,
#
gle 450e,
#
recall,
#
esp,
#
safety