MENU
icon label
image label
blacklogo

Bawa Teknologi MotoGP, Aprilia Luncurkan RSV4 XTrenta Special Edition

SEP 05, 2022@17:00 WIB | 195 Views

Memperingati 30 tahun meraih gelar pertamanya di MotoGP, Aprilia akhirnya memperkenalkan superbike RSV4 Xtrenta.

Aprilia saat ini sedang menjalani musim terbaiknya di MotoGP, dengan pembalap seperti Aleix Espargaro memenangkan GP Argentina diikuti oleh Maverick Vinales yang merebut podium keduanya musim ini di Misano.

Membawa DNA balap Aprilia, RSV4 XTrenta hadir dengan memboyong komponen-komponen dari Aprilia RS-GP yang berlaga di MotoGP.

RSV4 Xtrenta menggunakan proses PAN Compositi yang sama dengan yang digunakan oleh tim Aprilia di MotoGP. Dengan demikian, sportbike track-only ini mendapat komponen aerodinamis yang sama dan winglet belakang yang mirip dengan RS-GP.

XTrenta juga merupakan motor produksi pertama yang menampilkan under-wing MotoGP yang dipasang di swingarm yang berfungsi untuk mengatur suhu ban.

Aprilia juga merevisi mesin V4 1.099 cc pada RSV4 Xtrenta dengan meningkatkan rasio kompresi. Dan juga, berkat sistem pembuangan karbon titanium SC-Project yang baru dikembangkan, Xtrenta sanggup menghasilkan tenaga puncak 230 hp.

Untuk memastikan mesin V4 ini berjalan pada suhu optimal, XTrenta dilengkapi dengan fitur radiator air dan oli Taleo Tecnoracing yang diturunkan dari RS-GP.

Fitur unik lainnya yang tersedia di RSV4 Xtrenta adalah ECU Magneti Marelli yang dikalibrasi khusus, panel balap JetPrime, suspensi Ohlins yang disempurnakan dan velg magnesium forged Marchesini M7R Genesi.

Selain itu, berkat konstruksinya yang ringan, kaliper monoblok billet Brembo GP4-MS yang dipasangkan dengan cakram T-drive 330mm membuat sektor pengereman XTrenta berjalan dengan optimal.

Diproduksi terbatas hanya 100 unit, Aprilia RSV4 Xtrenta akan mulai dijual pada 6 September dan dibanderol dengan harga EUR50.000 (sekitar Rp738,1 juta). [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aprilia,
#
aprilia rsv4,
#
rsv4 xtrenta,
#
motogp,
#
aprilia rs-gp,
#
superbike,
#
motorcycle,
#
new bike,
#
sc-project,
#
ohlins,
#
brembo