MENU
icon label
image label
blacklogo

Bangun Mobil Masa Emas Formula 1 Berbasis Porsche Rongsok

AUG 14, 2020@16:00 WIB | 293 Views

Jika kita berbicara mengenai Formula 1 saat ini tentu tidak bisa lepas dari good old days F1 di mana saat itu situasinya masih sulit ditebak, lebih seru dan minimnya safety. Ingin mengenang masa emas F1, seorang YouTuber, Wesley Kagan memutuskan untuk membangun mobil F1 beraroma lawas.

Kagan menjelaskan mengenai proses pembangungan mobil ini di kanal YouTube-nya dan mengatakan jika ia terinspirasi dari engineering dan desain mobil F1 tahun 60an. Secara khusus ia termotivasi oleh Lotus 49 dari Jim Clark yang merupakan sebuah mobil sport yang bersejarah.

Walaupun terinspirasi, Kagan tidak ingin membuat replica yang seratus persen mirip, melainkan ingin membuat versinya sendiri. Jadi ia membangunnya dari bahan Porsche Boxter rongsok yang masih berfungsi dengan harga $2500 atau sekitar Rp 37 jutaan. Mesin flat-six ini adalah mesin yang cukup sempurna, dengan pusat gravitasi yang rendah dan tenaga yang juga besar.

Lantas Kagan membeli rack steer, transmisi, dan puluhan part lainnya dari Porsche langsung, dan memasangkan ke rangka tube yang ia buat sendiri. Hasilnya? Mobil ini memiliki body yang ramping, suspensi pushrod dan wujud naked tanpa body ala mobil buggy.

Menurut thread Reddit yang membahas proyek ini, bobot mobil tersebut hanya sekitar 500 kg dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 300 hp dalam versi finalnya. Walaupun begitu, proyek ini belumlah final sebab masih banyak part yang belum terpasang. [leo/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
mobil formula 1,
#
porsche boxter,
#
lotus 49